Jokowi Turun Tangan Luruskan Yuddy Chrisnandi

#Presiden Jokowi Turun Tangan Luruskan Pernyataan Yuddy Chrisnandi
Presiden Jokowi Turun Tangan Luruskan Pernyataan Yuddy Chrisnandi

Presiden Jokowi Turun Tangan Luruskan Pernyataan Yuddy Chrisnandi Terkait Pengurangan 1 Juta PNS

 

Minggu terakhir pekan ini isu yang meresahkan telah beredar, khususnya bagi mereka yang berstatus PNS. Betapa tidak isu yang berkembang di masyarakat bahwa pemerintah akan melakukan pengurangan 1 Juta PNS. Suatu jumlah yang sangat luar biasa. Statement yang pernah dilontarkan oleh Yuddy Chrisnandi selaku Menteri Pendayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi diluruskan oleh Presiden Jokowi.

Jakarta–-Presiden Joko Widodo turun tangan meluruskan pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, yang meresahkan masyarakat terutama para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Belakangan Menteri Yuddy bikin geger karena pernyataannya terkait kebijakan rasionalisasi (pemangkasan atau merumahkan) 1 juta PNS. Namun, hari ini Jokowi menegaskan bahwa kebijakan rasionalisasi yang dimaksud pemerintah adalah rasionalisasi yang berjalan alamiah. Jokowi juga menjelaskan bahwa rasionalisasi alamiah dilakukan agar belanja pegawai kementerian atau lembaga di APBN lebih efisien.

“Kita lakukan rasionalisasi secara alami. Artinya, dalam setahun misalnya pensiun 120 ribu orang, nanti pada tahun ke-5 kita hanya menerima 60 ribu orang. Nantinya akan berkurang banyak sekali,” terang Jokowi menjawab pertanyaan jurnalis usai Rapat Kerja Pemerintah (RKP) dengan Seluruh Pejabat Eselon II Kementerian/Lembaga di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (7/6).

Baca:   Kasus Dugaan Pelanggaran Hukum Menteri ESDM

Sedangkan terkait target rasionalisasi 1 juta PNS, Jokowi menjelaskan bahwa rasionalisasi alamiah akan dilakukan hingga mencapai jumlah target dimaksud.

“Kalau itu dilakukan, nantinya suatu saat akan tercapai (jumlah 1 juta). Sehingga efisiensi belanja pegawai betul-betul bisa kita lakukan,” tambahnya.

 

Sumber:rmol.co (http://www.rmol.co/)

 

 

 

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.