Jelang Asian Games, Kapolda Jabar Tinjau Venue Paralayang Dan Sepakbola

oleh -

SOROTINDONESIA.COM, Kabupaten Bogor,- Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si., bersama jajaran melaksanakan peninjauan dan pengecekan venue untuk cabang olahraga (cabor) sepakbola dan paralayang, Minggu (15/7/2018), yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB di Stadion Pakansari, Jl. Lingkar Stadion Kel. Pakansari Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kunjungan Kapolda ini turut didampingi unsur TNI dan Pemkab Bogor, diantaranya Kadispora Yusuf Sadeli, Kadishub Bisma dan Kasatpol PP Suherdi.

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky dihadapan Kapolda Jabar memaparkan bahwa terdapat dua cabor Asian games yang dilaksanakan di Wilayah Res. Bogor yaitu cabor Sepakbola di GOR Pakansari dan cabor Paralayang di PTPN VIII Gunung Mas Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

“GOR Pakansari akan memainkan sebanyak 10 laga pertandingan sepakbola dengan rincian 6 pertandingan grup C, 2 pertandingan semifinal, 1 pertandingan perebutan juara 3 dan pertandingan Final,” jelas Kapolres.

Ditambahkan oleh Kapolres, “Cara bertindak saat pelaksanaan kegiatan sepakbola mulai dari para atlet, lokasi tempat menginap para atlit beserta official. Untuk hotel para atlet menginap yaitu di Hotel Alana Sentul, sedangkan untuk Rumah Sakit yaitu RSUD Cibinong dan RS Pertamedika Sentul. Pola pengamanan serta pelibatan dan ploting personil saat pelaksanaan Cabor, rencana personil yang akan dilibatkan sekitar 819 orang personil,” urainya.

Sedangkan di cabor Paralayang, meliputi jumlah atlet sebanyak 129 orang di kelas yang akan dipertandingkan dan lokasi Leading dan takeoff.¬†“Lokasi penginapan untuk atlit di Hotel Safari Garden dan rujukan medis di Rumah Sakit Cisarua dan RS Ciawi. Pola pengamanan serta pelibatan dan ploting personil Cabor Paralayang rencana personil yang akan dilibatkan sebanyak 413 personil,” jelas Kapolres lagi.

Arahan dan penekanan Kapolda Jabar antara lain, laksanakan rapat teknis dengan instansi terkait dan Inasgoc, karena Asian game sebagai pertaruhan bangsa. “Ploting Anggota selain dilokasi juga di jalan dan penginapan serta akomodasinya,” ujar Kapolda.

Diingatkan oleh Kapolda, untuk masuk ke stadion tidak boleh membawa masuk diantaranya botol air mineral dengan mensosialisasikan melalui media sosial dan spanduk. “Bendera boleh masuk tapi tanpa ada kayu atau benda yang membahayakan,” kata Kapolda mengingatkan. “Tunjuk anggota khusus untuk evakuasi. Siapkan Petugas Damkar. Pastikan anggota yang pengamanan minimal dalam ikatan pleton serta siapkan mega phone,” pesan Kapolda.

“Antisipasi terhadap kontingen dari negara yang mempunyai permasalahan internal, seperti China, Myanmar dan Korea,” tutur Kapolda saat berada di GOR Pakansari.

Di cabor paralayang, kata Kapolda, lokasi penginapan disarankan agar tidak satu lantai karena dikhawatirkan adanya sentimen diantara para peserta. Selain itu, antisipasi adanya kejahatan jalanan di lokasi leading maupun takeoff.

“Teknis kita kembalikan kepada panitia, tugas kepolisian hanya melakukan pengamanan,” kata Kapolda.

Sebelum meninggalkan venue, Kapolda mengingatkan kembali, “Dalam pelaksanaan pengamanan harus dilakukan serius dan personil mengetahui tugas masing-masing dan mengetahui harus berbuat apa,” ingatnya. [*]

Comments

comments