Jalur Puncak Ditutup Akibat Terjadi Longsor di Empat Titik

oleh

BOGOR,- Satuan Lalu Lintas Polres Bogor melaksanakan Evakuasi jalan raya yang terkena longsor di daerah Puncak Kabupaten Bogor, Senin (05/02/2018), sekitar pukul 09.20 WIB.

Longsor tersebut diketahui terjadi di 4 (empat) titik yaitu di sekitaran Panimbangan Kecil Desa Tugu Selatan, di sekitaran Masjid Atta Awun Desa Tugu Selatan, di Villa Pengayoman / Kehakiman Desa Cibereum dan Kp. Babakan Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor.

Saat ini Jalur Puncak ditutup untuk sementara, karena kondisi badan jalan tertutup tanah yang turun dari gunung sepanjang 20 meter dan tiang listrik roboh menganggu lalu lintas sehingga jalan tidak dapat dilalui.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menghimbau kepada masyarakat untuk sementara tidak menggunakan jalur Puncak, karena jalur dari arah Jakarta menuju Puncak dialihkan melalui Sukabumi. Dan dari arah Cianjur menuju Jakarta dilakukan penutupan.

Kabid Humas Polda Jabar AKBP Hari Suprapto menyampaikan lebih lanjut kepada media, pada hari, Senin (5/1/2018), diketahui sekitar jam 08.00 wib telah didapat informasi akan terjadinya bencana longsor di beberapa titik di wilayah Kec. Cisarua.
Pihaknya mendapatkan laporan sebelumnya bahwa sejak dini hari sekitar jam 02.00 Wib sampai dengan saat ini curah hujan di wilayah Kec. Cisarua cukup tinggi disertai dengan angin kencang dan mengingat wilayah Kec. Cisarua merupakan daerah perbukitan dengan kontur tanah yang labil, sehingga tanah tidak kuat menahan volume air dan berakibat longsor,” terang Hari.

Longsor di jalur Puncak, Senin (5/1/2018).

Dijelaskan oleh Kabid Humas, kejadian bencana longsor tersebut terjadi beberapa titik, yakni di sekitaran Panimbangan Kecil Ds. Tugu Selatan Kec. Cisarua yang mengakibatkan bahu jalan amblas dan matrial tanah dari tebing menutup sebagian bahu jalan (telah diupayakan untuk membersihkan material yang menutup jalan), longsor di sekitaran Masjid Atta Awun Desa Tugu Selatan Kec. Cisarua, material tanah menutup jalan dan telah diupayakan dengan menggunakan alat berat, selanjutnya bencana longsor di Villa Pengayoman / Kehakiman Kp. Cibeureum Rt.02/03 Ds. Cibeureum Kec. Cisarua, tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir sekitar Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah), selanjutnya bencana longsor di Kp. Babakan Rt. 03/04 Ds. Cibeureum, material tanah menutup sebagian jalan desa.

“Petugas saat ini telah melakukan tindakan mengalihkan arus yang ke Puncak dan Cianjur untuk melewati Sukabumi dan mengajak para stakeholder terkait untuk melaksanakan penanganan bencana,” sebut Hari.

Selain itu, kata Hari, pihaknya telah berkoordinasi memanggil alat berat dari PUPR pusat, lalu menggelar personel Polres Bogor sebanyak 100 orang untuk evakuasi longsor.

Hari dalam keterangannya juga menghimbau agar masyarakat jangan menggunakan jalur puncak terlebih dahulu sampai kondisinya dilaporkan aman.

“Sementara mengalihkan arus lalu lintas kendaraan dari jakarta menuju ke sukabumi dan dari cianjur melewati jonggol,” terang Kabid Humas. [*/foto: dok. istimewa]

Comments

comments