Ini Pesan Pangdam Siliwangi di Hari Sumpah Pemuda

oleh

BANDUNG – Hari Sumpah Pemuda merupakan hari yang sangat penting bagi perjalanan sejarah Bangsa Indonesia, ketika para tokoh pemuda dari beragam suku dan agama berkumpul dan berkomitmen untuk bersatu sebagai bangsa dan tanah air serta bahasa Indonesia. 

“Flashback kebelakang pada tahun 1928, mengikrarkan Sumpah Pemuda kondisinya tentu tidak semudah sekarang. Bisa dibayangkan, pemuda dari Jong Sumatera, Ambon, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, semuanya bertemu di Jakarta. Mereka bertekad untuk mengikrarkan Sumpah Pemuda,” jelas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra saat menghadiri acara peringatan Sumpah Pemuda yang diwarnai ekspedisi 28 gunung di Eiger Adventure Flagship Store Jl Sumatera, Kota Bandung, Sabtu (28/10/2017). 

“Sekarang kita ini banyak kemudahan dalam berkomunikasi dan transportasi, tetapi terus terang saya katakan, agak prihatin. Semangat pemuda dahulu begitu luar biasa untuk bangsa ini. Tapi sekarang di jaman serba mudah, ancaman terhadap persatuan begitu kentara, begitu kentara, begitu kentara,” ucap Pangdam dengan penekanan berulang.

Dilanjutkan oleh Pangdam, “Harusnya pemuda sekarang itu malu pada pemuda jaman dahulu yang masih mengandalkan surat untuk komunikasi jarak jauh. Nah, jaman sekarang anytime kita bisa terkomunikasi dan terkoneksi. Sekali lagi, kalau pemuda-pemuda bangsa kita di jaman mudah seperti ini keindonesiannya lebih jelek daripada pemuda jaman dahulu, ya berarti kita useless,” urai Pangdam. 

Pangdam dikesempatan itu memberikan apresiasi kepada orang-orang yang senantiasa menggelorakan semangat keindonesiaan. “Kita terus mendukung pemuda kita untuk berkarya, jangan kecil hati dan bermental inferior. Kita harus superior, karena kita adalah orang-orang yang luar biasa,” tegas Pangdam. “Negara kita adalah negara kaya, jadi dibutuhkan pemuda-pemuda yang memiliki semangat luar biasa sehingga kedepan potensi yang dimiliki Indonesia bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan bangsa,” ujar Pangdam menekankan.

Dikesempatan hari Sumpah Pemuda tahun 2017 ini Pangdam menghimbau kepada pemuda Indonesia untuk terus berbuat lebih baik, “Jagalah persatuan dan kesatuan Indonesia, kita tidak mau bangsa ini terpecah belah, kita adalah bangsa yang besar, dan saya yakin pemuda Indonesia mampu untuk membuat bangsa Indonesia menjadi hebat di masa yang akan datang,” pesan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra. [St]

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra di acara Sumpah Pemuda 2017 bersama Eiger yang melaksanakan ekspedisi 28 gunung di Indonesia
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra.

 

Comments

comments