Kegembiraan Kolonel Yusep Dan Warga Di Sungai Lagadar

oleh -
Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat bercengkrama dengan anak-anak dan warga Desa Lagadar dibantaran sekitar pintu air daerah irigasi.
Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat bercengkrama dengan anak-anak dan warga Desa Lagadar dibantaran sekitar pintu air daerah irigasi.

BANDUNG,- sorotindonesia.com,- Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat beserta jajaran Subsektor 10/Lagadar dan Subsektor 13/Cimahi Tengah & Selatan, kunjungi pintu air daerah irigasi Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (31/1/2019) siang.

Setibanya dilokasi, Kolonel Yusep tampak tertuju memperhatikan anak-anak dan warga yang sedang beraktifitas, seperti bermain dan berenang di badan sungai.

Hal tersebut tentunya membuat senyum Dansektor 21 mengembang. Lalu kemudian memanggil anak-anak yang sedang berenang untuk naik dan berkumpul di sebidang tanah lapang di tepian sungai, diiringi canda tawa.

Kegembiraan Kolonel Yusep Dan Warga Di Sungai Lagadar

Duduk bersama diatas rumput bersama dengan anak-anak dan warga, Kolonel Yusep melangsungkan perbincangan ringan, “Tadi semuanya pada masuk sekolah, tidak?” tanyanya dan langsung dijawab, “Sekolah,” ucap anak-anak serempak.

Seusai itu Kolonel Yusep memberikan apresiasinya kepada anak-anak dan menginstruksikan Dansubsektor 21-10/Lagadar Pelda Rabino beserta jajaran untuk mengecek langsung kondisi air sungai.

Tampak anak-anak kembali melanjutkan aktifitasnya menceburkan diri dan berenang dengan riang di saluran irigasi.

Sedangkan Dansubsektor beserta jajaran berenang di aliran sungai utama yang berasal dari Sungai Cimahi dengan kedalaman lebih dari satu setengah meter yang juga kerap digunakan oleh warga untuk beraktifitas.

“Kita saat ini berada di salasatu anak Sungai Citarum, yakni Sungai Cimahi, kondisi sekarang alhamdulillah sudah digunakan oleh anak-anak untuk bermain-main disini, kondisi air sudah cukup jernih, ini kondisinya jauh dibanding beberapa bulan lalu. Sebelum ada Program Citarum Harum air sungai ini berbau, berwarna dan lain sebagainya, sehingga masyarakat enggan mendekati sungai,” jelas Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat kepada wartawan disela kegiatannya.

“Sekarang sungai ini tidak berbau lagi, sudah dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain dan belajar berenang, kita jaga bersama-sama, jangan sampai ada yang membuang sampah sembarangan ke sungai,” ujar Kolonel Yusep.

Ditegaskan oleh Kolonel Yusep, “Saya akan jaga pabrik-pabrik yang ada di atas (Kota Cimahi) agar tidak membuang limbah dalam kondisi kotor,” tegasnya.

“Satgas Citarum ini tidak ada jadwal waktu kegiatan, yang ada adalah 1×24 jam prajurit siliwangi ini memantau sungai-sungai di DAS Citarum,” ujar Dansektor 21.

Menariknya, disaat anak-anak sedang asik berenang di saluran irigasi, untuk lebih meriah dan semangat, Kolonel Yusep mengeluarkan lembaran-lembaran rupiah yang dimilikinya dan dibagikan kepada anak-anak yang segera menyambutnya dengan antusias.

Begitupun di area bendungan, saat anggota satgas dan sebagian warga sedang aktifitas berenang disana. [St]

Sungai Lagadar

Comments

comments