Index Kepuasan Masyarakat Terhadap BKIPM Bandung Terus Meningkat

oleh

BANDUNG – Indikator kepatuhan kinerja dari institusi BKIPM Bandung Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, salah satunya adalah tingkat kepuasan masyarakat yang tertuang pada penilaian customer terhadap layanan.

Tahun 2017, BKIPM Bandung melakukan survey kepuasan pelanggan sesuai standar ISO 9001 terhadap 40 responden dengan nilai akhir Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 85, 037 (sangat baik) dengan mutu layanan “A”. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya dengan nilai 80,032 (Baik) atau mutu layanan B.

Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang mencakup 13 unsur uraian penilaian.
“Meningkatnya nilai IKM yang diperoleh disebabkan terdapatnya layanan informasi dalam bentuk web dan android playstore yang didalamnya juga terdapat kuisioner serta informasi informasi faktual terkait sertifikasi perkarantinaan ikan dan mutu serta memuat informasi lain untuk kemudahan pelanggan,” jelas Kepala BKIPM Bandung Dedy Arief Hendriyanto kepada wartawan di kantornya, (12/1/2018).

Wujud nyata yang mempunyai implikasi, kata Dedy, adalah meningkatnya jumlah pelanggan hingga 100%. “Hal ini memudahkan kami dalam melakukan pengawasan dan penilaian kepatuhan pelanggan.
Tahun 2018 kami akan tingkatkan lagi kualitas layanan kami baik secara fasilitas maupun performansi,” terang Dedy.

Ditekankan lebih lanjut oleh Dedy, “Di bawah kepemimpinan Ibu Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan RI, kami berusaha semaksimal mungkin melayani pelanggan dengan baik, sekaligus melaksanakan penegakan hukum,” pungkasnya. [st/rls]

Capaian index kepuasan masyarakat 2017 terhadap BKIPM Bandung
Foto : ig @bkipm.bdg

Comments

comments