IMPARA Unwahas, Tumbuhkan Semangat Mengabdi

oleh -
IMPARA Unwahas, Tumbuhkan Semangat Mengabdi

SOROTINDONESIA.COM, Blora,- Mahasiswa semestinya dapat menunjukkan perannya di masyarakat, wujud dari tri dharma perguruan tinggi dalam pengabdian. Hal tersebut sebagaimana yang dilakukan Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Blora Universitas Wahid Hasyim Semarang (IMPARA UNWAHAS) yang menggelar serangkaian kegiatan bakti masyarakat di Dukuh Nglego, Desa Purworejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Ketua panitia, Siti Musyafaah menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dalam setiap tahun. “Kegiatan ini rutin diselenggarakan IMPARA setiap tahun,” kata Siti saat diwawancarai usai penutupan kegiatan, (15/07/2018).

“Tahun kemarin kegiatan semacam ini diadakan di Desa Kunduran dan sekarang diadakan di desa Purworejo,” imbuhnya, “kami harap bakti masyarakat ini menumbuhkan semangat pengabdian mahasiswa Unwahas terhadap daerah asalnya yaitu Blora,” terangnya

Siti menerangkan, bakti masyarakat berlangsung selama 3 hari diisi dengan berbagai kegiatan, tanam pohon misalkan. Siti yang saat ini mengambil fakultas ekonomi mengemukakan pendapatnya, persoalan yang dihadapi saat ini dan mendatang adalah pemukiman dan isu lingkungan hidup. Dia berharap dengan adanya penanaman bibit pohon kayu bisa menjadi area konservasi atau taman warga di masa mendatang. Sedangkan warga yang mendapat bibit tanaman buah bisa menuai hasil ekonomis.

Selain itu, ia berharap agar warga dapat memberikan nasehat, masukan-masukan demi pengembangan mahasiswa dan pelajar Blora yang ada di Kota Semarang. Utamanya, keberanian dalam mengembangkan desanya. Sebab, berbagai hal yang dipelajari semasa kuliah perlu diadapktasikan dengan pola yang ada di desa. Kegiatan ditutup dengan jalan sehat dan kirab budaya yang menampilkan barongan. IMPARA, kata Siti, dapat melaksanakan rangkaian kegiatan tersebut dengan dukungan berbagai pihak yang rela bergotong-royong merealisasikannya.

Harun, Kepala Desa Purworejo memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi warga yang ia pimpin. Saat membuka kegiatan, Harun juga berpesan agar tidak jera berkegiatan di desa tersebut. Tentunya, ia berharap ada even atau kegiatan lain yang dapat memberi manfaat bagi warganya.

Ditambahkan, kegiatan diikuti perwakilan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Blora dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora, IMPARA seKota Semarang, Mahasiswa KKN, kegiatan lain berupa perlombaan bagi anak, dan ibu, Banser dan Babinsa turut menjaga keamanan kegiatan tersebut. (sorotindonesia.com/arh)

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Jatmiko didampingi oleh panitia melakukan penanaman bibit pohon secara simbolis di bantaran jalan, (14/07/2018).
Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Jatmiko didampingi oleh panitia melakukan penanaman bibit pohon secara simbolis di bantaran jalan, (14/07/2018).

Comments

comments