Hati-hati, Jalan Raya Menuju Kendal Rusak dan Berlubang

oleh

Semarang, [ Sorot Indonesia ] – Sejumlah titik di jalan nasional yang meliputi wilayah Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, seperti Jalan Siliwangi (bundaran bandara Ahmad Yani), dan wilayah Ngaliyan, dari depan Kampus 1 UIN sampai depan RS Permata Medika Jalan Moch Ichsan (arah Mijen) dan Tugu yaitu dari depan kampus 1 UIN Walisongo Jalan Walisongo Tambakaji (arah Kendal) sampai Pasar Mangkang kondisinya kian mengkhawatirkan.

Warga berharap agar ada perbaikan jalan terhadap jalan yang berlubang, sebagaimana tampak terlihat telah banyak lubang kecil maupun besar yang menganga disepanjang jalan dengan kedalaman yang bervariasi. Ini tentunya rawan terjadi kecelakaan.

Salah seorang pengendara sepeda motor bernama Supriadi (40) menyatakan kekhawatirannya terhadap para pengguna jalan yang melintas dengan kondisi jalan rusak tersebut. Terlebih di saat hujan. Dia mengaku ekstra hati-hati saat melintas di jalan tersebut, “Kondisinya sangat berbahaya mas. Kami berharap permerintah segera menangani jalan rusak tersebut. Sebab, membahayakan pengguna jalan, apalagi kalau hujan” ungkap Supriadi, kemarin (11/02/2018).

Pengguna jalan lainnya, Harno (45), mengatakan, jalan berlubang di Jalan Siliwangi sudah lama terjadi dan sudah diperbaiki, namun kondisinya kembali rusak. Dikatakan, sejak pertengahan Januari jalan tersebut sudah dalam kondisi rusak, “Sudah beberapa kali diperbaiki petugas, namun kembali mengelupas,” ungkap warga yang biasa mangkal di pertigaan Jalan Muradi, Semarang Barat itu.

Salah seorang pelaksana kontraktor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bayu Wicaksano mengatakan bahwa perbaikan jalan yang dilakukan saat ini sifatnya sementara. Hal itu, kata dia, untuk menekan risiko terjadinya angka kecelakaan. Dijelaskan, ada dua tim dalam pengerjaan jalan tersebut yakni, tim pertama bertugas menyisir dan memperbaiki jalan dari wilayah Kota Semarang sampai wilayah Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Tim kedua, menyisir dan memperbaiki dari wilayah Weleri sampai Kota Semarang, “Kami tim yang menggarap dari arah barat ke timur (Weleri-Kota Semarang-red). Kami bersama tujuh pekerja lainnya menangani jalan-jalan berlubang ini,” kata Bayu.

Menurutnya, saat ini yang bisa dilakukan ialah dengan menambal apa adanya. Hal itu dikarenakan masih musim hujan. Ada pun pengerjaan sebenarnya akan dilakukan pada Maret nanti, “Rencananya Maret akan diperbaiki secara permanen karena sudah tidak masuk musim hujan,” imbuhnya.

Pantauan di lapangan, Senin (12/02/2018), sejumlah titik jalan rusak tersebut yakni, sepanjang Jalan Siliwangi mulai depan PO bus Coyo sampai traffic light Samsat Online Jateng dan depan Pusdik Penerbad.

Selanjutnya, jalan rusak juga terlihat di sebagian Jalan Walisongo Semarang sampai depan Pasar Mangkang. (AR Hidayat_SorotIndo)

Comments

comments