Harmoni Indonesia, Bersama Dalam Harmoni Untuk Indonesia Sejahtera

oleh
Acara Harmoni Indonesia untuk Indonesia Sejahtera di Kota Bandung

BANDUNG, Penggerak Budaya Nusantara bersama Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI menyelenggarakan acara yang bertajuk Harmoni Indonesia, bertemakan Bersama Dalam Harmoni Untuk Indonesia Sejahtera di Balai Sartika Bandung, Jawa Barat, (1/4/2018).

Acara tersebut merupakan salasatu upaya pemerintah dalam mencegah dan memerangi penyebaran berita hoax yang turut berkembang pesat seiring perkembangan teknologi. Hal ini dikhawatirkan menggangu perdamaian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang notabene terdiri dari beragam budaya, agama, bahasa, suku dan ras.

Acara itu juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat maupun pemerintah seperti Kementerian Kominfo RI, pejabat pemerintah daerah Jawa Barat, Kepolisian dan TNI, tokoh agama/ulama Jawa Barat, seniman atau budayawan, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, mahasiswa/pelajar, santri dan masyarakat sekitar. Diharapkan dengan dihadirinya berbagai macam elemen undangan tersebut menjadikan efektif guna memberantas penyebaran berita hoax di masyarakat.

Deklarasi anti hoax yang dibacakan oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo dan Dir Intelkam Polda Jabar serta Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam rangkaian acara Harmoni Indonesia untuk Indonesia Sejahtera di Balai Sartika Kota Bandung

Dimulai pada pukul 19.30 WIB, ditampilkan kesenian budaya lokal (kesenian tradisional sunda) dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelahnya sambutan dan sarasehan kebangsaan yang mengangkat tema besar Indonesia Sejahtera Tanpa Hoax dengan narasumber dari Pemerintah Daerah Jabar, POLDA Jabar, Pangdam III/Siliwangi dan tokoh masyarakat/ agama.

Acara dilanjutkan dengan deklarasi Masyarakat Anti Hoax, Ujaran Kebencian dan Fitnah bersama tamu undangan sebagai bentuk sikap tegas memerangi berita hoax.

Menuju penghujung acara, acara ditutup dengan sholawat harmoni dan doa untuk negeri mengharapkan Indonesia senantiasa diberikan perdamaian ditengah keberagaman budaya, agama, ras, suku dan bahasa.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai macam elemen masyarakat mulai dari mahasiswa, pelajar, santriwan/i, masyarakat umum, organisasi masyarakat, seniman/budaywan, komunitas dan organisasi kepemudaan di Jawa Barat. Total hadirin sekitar 1000 orang. [*]

 

Comments

comments