Hari Santri Nasional di Kota Semarang Pecahkan Rekor MURI

oleh
Hari Santri

Semarang – Peringatan hari santri nasional yang terpusat di lapangan simpang lima kota semarang semalam (21/10) memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penulisan komik santri terpanjang. Rekor tersebut telah menumbangkan rekor sebelumnya yang sepanjang 207 meter pada 2011 di Surabaya. Para komikus dari seluruh Indonesia membuat komik santri di atas kanvas sepanjang 300 meter pada Sabtu siang.

“Pada hari ini Sabtu 21 Oktober 2017 di Simpang Lima Semarang, Kami telah menyaksikan pembuatan komik terpanjang dengan tema Wajah Santri, Wajah Indonesia, Peran Santri Dalam Membentuk Indonesia dan Membangun ke-Indonesia-an. Ini persembahan 31 kartunis dan komikus di seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke. Terpanjang 300 meter. Rekor urutan ke-8.162,” ungkap Ariyani.

Rekor tersebut tercatat atas nama Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama yang secara simbolis rekor diserahkan oleh perwakilan MURI Ariyani Siregar kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Ariyani menjelaskan keberhasilan menorehkan rekor untuk pembuatan komik terpanjang hari santri mematahkan rekor sebelumnya di Surabaya.

Selain mencatatkan rekor Pemerintah juga memberikan perhatian kepada para santri yang mengikuti kejuaraan di tingkat internasional dan tingkat propinsi. Delegasi Indonesia M Abdul Faqih telah menyabet juara ketiga di cabang Tahfidz 30 juz dan M Khairu Rozaq menjadi terbaik ketujuh di cabang Tahfidz 15 juz’ dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat internasional yang diselenggarakan di Makkah.

Comments

comments