Hari Pahlawan, Perkokoh Persatuan Membangun Bangsa

oleh

Banjar, ( SI ) – Upacara peringatan Hari Pahlawan yang ke – 72 tingkat Kota Banjar berjalan khidmat, upacara tersebut dipimpin oleh Plt Sekda Kota Banjar Drs Yuyung Mulya Sungkawa yang bertindak selaku inspektur upacara, Kapten Inf Dr Maulana SH MH., selaku Komandan Upacara. Upacara Hari Pahlawan ini bertemakan “Perkokoh Persatuan Membangun Negri” yang dilaksanakan di Lapang Bhakti Taman Kota Banjar, Jumat (10/11/2017).

Upacara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, Kajari Banjar, Danyon 323 Raider, Kapolres Banjar, Kalapas Banjar dan diikuti para peserta upacara dan tamu undangan, peserta upacara terdiri dari Polres Banjar, Batalyon Infantri 323 Raider, Kodim 0613 Ciamis, Satpol PP, PNS, PGRI, Dishub Banjar dan perwakilan siswa siswi se Kota Banjar.

Yuyung Mulya pada kesempatan itu menyampaikan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa. Yuyung mengajak kepada para tamu undangan dan para peserta upacara untuk mengenang para pendahulu, Pahlawan, perintis kemerdekaan serta para pendiri Republik Indonesia, “Karena perjuangan mereka, kita bisa hidup dibumi Indonesia, sebagai Bangsa yang merdeka, Bangsa yang sederajat dengan Bangsa lain, ” ucap Yuyung.

“Yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, ” lanjut Yuyung.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa ” Pertempuran 10 Nopember 1945 ” di Surabaya, sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai partikularisme golongan – golongan bersama – sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, ucapnya. 

Yuyung mengatakan, seperti amanat Bung Karno, ” Bangsa Indonesia harus menghormati jasa para pahlawannya, tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia “, ucapnya. [Herman]

Para peserta peringatan Hari Pahlawan 2017 di Kota Banjar

 

Comments

comments