Generasi Muda Adalah Penerus Pancasila

oleh -
Pancasila

BANDUNG, Dalam rangka kegiatan Pekan Pancasila yang bertemakan “Saya Indonesia, Saya Pancasila”, Dandim 0618/ BS Kolonel Inf Sugiyono memberikan arahan kepada ratusan siswa SMA Kartika XIX -1 dan XIX – 3 Jl. Aceh No.108 Kelurahan Merdeka Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung, Kamis (8/6).

Pada pengarahannya di acara tersebut Dandim menekankan, “Pancasila adalah ideologi dasar negara Republik Indonesia yang memiliki nilai-nilai yang menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia. Generasi muda merupakan penerus bangsa, para siswa harus mempunyai keimanan yang kuat kepada Tuhan YME, menggapai cita-cita yang tinggi, tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain, serta mau berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar Dandim.

Ia menambahkan, “Banyak yang para siswa bisa perbuat untuk menunjukan cinta terhadap bangsa ini, diantaranya belajar dengan rajin dan tidak terpengaruh hal-hal yang negatif,” tegas Dandim.

Dalam kegiatan Pekan Pancasila ini diberikan beberapa materi yang bertujuan untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap Pancasila dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya Pemberian materi Pancasila dan kebhinekaan yang disampaikan oleh Wadanramil 1802/ Cibeunying Kapten Inf Tabroni, materi baris berbaris ( PBB ) yang dipimpin oleh Kaur Komsos Sterdim 0618/ BS Kapten Kav Abdul Gofur dan kegiatan Outbond yang dipimpin oleh Danramil 1814/ Bandung Kidul Kapten Inf Suratno dengan materi Water estafet, permadani terbang, tongkat estafet, buldozer, bola tali dan holahop.

Tujuan dari materi PBB dan Outbond yakni untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, memupuk kebersamaan sebagaimana yang tertuang dalam butiran Pancasila.

Para siswa begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat dari senyum, tawa dan semangat yang diperlihatkan oleh para siswa walaupun sebagian besar sedang melaksanakan ibadah puasa.

Pada akhir kegiatan dilaksanakan foto bersama. Hadir dalam kegiatan ini, Dandim 0618/BS Kolonel Inf Sugiyono, Danramil 1814/ Bandung Kidul Kapten Inf Suratno selaku koordinator kegiatan, Kaur Komsos Sterdim 0618/BS Kapten Kav Abdul Gofur, Wadanramil 1802/ Cibeunying Kapten Inf Tabroni selaku pemberi materi, Kepala Sekolah Aryani, SPd., para guru dan para Babinsa. Kegiatan berlangsung tertib, lancar dan aman. (St/Gun)

Comments

comments