Gelar Bussiness Matching, Bekraf Tingkatkan Peluang Pelaku Ekraf Akses Pembiayaan Perbankan Syariah

oleh

BANDUNG – Sharia Banking for Creative Bussiness Matching hadir di Kota Bandung, acara ini digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mempertemukan perbankan syariah dengan 200 pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) di The Trans Luxury Hotel, Jumat (22/9/2017).

Bekraf sebelumnya telah sukses melaksanakan kegiatan Bussiness Matching Perbankan Syariah sebelumnya di Aceh (16/5) dan Tanah Datar Sumatera Barat (4/4) dan dihadiri sekitar 400 pelaku ekraf di kedua kota tersebut.

Bekraf memberikan pemahaman tentang prinsip pembiayaan syariah dan persyaratan yang perlu dipenuhi pelaku ekraf untuk mengakses pembiayaan tersebut.

Pada acara ini Bekraf menggandeng Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bekraf dan OJK memberikan akses pelaku ekraf untuk mengajukan proposal secara langsung kepada perbankan syariah yang hadir pada acara ini, antara lain BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat dan Bank Panin Dubai Syariah.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Utomo, pada sambutannya menjelaskan, “Kami menyelenggarakan kegiatan bussiness matching adalah follow up dari konsep kegiatan Bekraf Financial Club. Kami melakukan ini karena didasari pada satu tesis dan titik awal portofolio kredit perbankan ke ekraf masih kecil. Data 2015 kredit perbankan ke ekraf baru 9%. Ini kemudian yang menjadi amanah pada saya dan jajaran, bagaimana meningkatkan portofolio pendanaan ke ekraf baik dari perbankan dan non perbankan,” jelas Fadjar.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Fadjar,” Pembiayaan perbankan syariah yang diakses pelaku ekraf bisa mengembangkan usaha mereka. Maka kami pertemukan langsung perbankan syariah sebagai sumber pembiayaan dengan pelaku ekraf. Dengan harapan, peluang pelaku ekraf mengakses pembiayaan perbankan syariah lebih besar,” ungkapnya. “Bahkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kawan-kawan perbankan terhadap kawan-kawan ekraf,” imbuhnya.

Hadir sebagai keynote speech perwakilan dari OJK, Deden Firman. Serta salah satu pelaku ekraf sukses, Mas Mono pemilik Ayam Bakar Mas Mono untuk membagikan cerita perjalanan usahanya untuk memotivasi 200 pelaku ekraf yang hadir untuk ekspansi usaha mereka.

Pada acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dan informasi skema wakaf oleh BNI yang digunakan untuk mendukung salah satu film Indonesia yang berjudul Iqro 2 yang dibintangi oleh Cok Simbara, Maudy Kusnaedi, Raihan Khan, Ben Kasyafani, Nurra Datau, Astri Ivo, Mike Lucock dan Adhitya Putri. Termasuk pemutaran teaser film yang sedang dalam proses.

Bekraf di Trans Luxury Hotel Bandung
Penandatanganan perjanjian kerjasama antara BNI Syariah dan Salman untuk pendanaan produksi film nasional Iqro 2.
Tentang Bekraf

Bekraf adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggungjawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengkoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio. (*)

Comments

comments