Disdik Provinsi Jabar dan Piksel Gelar Workshop Software jBatik

oleh

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Piksel Indonesia, menggelar workshop software jBatik kepada sekitar 130 guru SMK, SMA dan SLB di Aula BPPTK Jl. Rajiman, Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017).

jBatik adalah software yang dibuat khusus untuk mendesain motif-motif Batik Fractal. Software ini dibuat dengan bahasa pemrograman Java yang bekerja dengan sistem generatif. Inputnya adalah rumus fractal dimana software ini akan me-generate menjadi gambar.

Piranti ini bermanfaat untuk membuat bermacam desain motif batik animasi.

Disdik Provinsi Jabar dan Piksel Indonesia berpandangan bahwa software jBatik ini dapat membantu para guru dan siswa dibidang batik dan kriya untuk bereksperimen dalam mendesain bermacam motif batik termasuk batik kontemporer.

Pada kesempatan wawancaranya dengan sorotindonesia, Kepala BPPTK Disdik Provinsi Jabar Asep Suhanggan melalui Kasie Evaluasi dan Perencanaan BPPTK Abur Mustikawanto, menyebutkan gelaran workshop jBatik ini baru pertama kali diadakan dan diikuti oleh sekitar 130 yang 70 persennya guru SMK dan sisanya guru SMA dan SLB.

“Kami akan gelar acara workshop ini secara bertahap dan bergelombang untuk para guru di Jawa Barat,” ujarnya.

“Diharapkan dengan software jBatik ini para siswa bisa berkreasi dengan beragam desain dan motif batik yang merupakan salah satu ciri budaya bangsa,” ujarnya.

Pantauan sorotindonesia pada gelaran workshop tersebut, para peserta tampak antusias mencermati tahapan materi yang langsung disampaikan oleh Muhammad Lukman dari Piksel Indonesia. (*)

Pengenalan software jbatik di Disdik Provinsi Jawa Barat
Foto : Kasie Evaluasi dan Perencanaan BPPTK Disdik Provinsi Jabar, Abur Mustikawanto, Sabtu (26/8/2017).

 

Comments

comments