Desa Puloerang Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-72

oleh -

Ciamis, ( SII ) – Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 72 Desa Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, Upacara dilaksanakan kamis ( 17/08/2017 ) bertempat dilapangan Sepak Bola Desa Puloerang.

Kepala Desa Puloerang Rusmana bertindak sebagai Inspektur Upacara, Babinsa Desa Puloerang Sertu.E Kuswaya bertindak sebagai Komandan Upacara, Upacara diikuti oleh seluruh elemen masyarakat.

Kepala Desa Puloerang Rusmana, membacakan pidato amanat Bupati Ciamis, dalam amanatnya Bupati Ciamis H Iing Syam Aripin mengajak, Kemerdekaan adalah kebebasan yang seluas – luasnya bagi kita semua untuk berani menggantungkan cita – cita setinggi langit untuk kejayaan Indonesia, Kemerdekaan adalah kesempatan bagi kita untuk membuat semua harapan itu menjadi kenyataan, semua harapan kita tentang Indonesia itu hanya bisa dicapai dengan kerja, hanya melalui kerja, sebuah Bangsa akan meraih kemakmuran dan kejayaannya, hanya melalui kerja, Bangsa Indonesia akan bisa membangun dan sekaligus akan bisa membangun raganya untuk kejayaan Indonesia Raya, ucapnya.

Desa Puloerang
Rusmana, Kepala Desa Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis.

Kerja yang saya maksud bukanlah semata – mata kerja biasa, kerja harus dilakukan dengan keinsyafan akan kekuatan dari Persatuan Indonesia. Kerja yang dilakukan dengan gotong – royong dari seluruh anak bangsa tanpa terkecuali, gotong – royong bukan hanya urusan rakyat, tapi para pemimpinlah yang pertama, dan terutama harus mampu memberikan contoh bergotong – royong dalam kerja. Karena kita yakin bahwa tantangan besar yang dihadapi Bangsa Indonesia, hari ini dalam arah Nasional, Regional dan Global memerlukan upaya bersama yang melibatkan seluruh rakyat, jelas Iing dalam amanatnya.

Lanjut Iing, sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik kali ini ” Indonesia Kerja Bersama “, kerja bersama sesungguhnya adalah kebersamaan yang terdiri dari,” kerja sama” dan ” gotong – royong ” sebagai akar kebudayaan kita yang menjadi perekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur, karena pada hakikatnya, manusia saling membutuhkan, satu dengan yang lainnya, jelasnya.

Kerja bersama bukanlah slogan semata, merupakan pergerakan yang masif, pergerakan yang dimaksud memiliki makna yang sangat luas yaitu pergerakan yang mampu membangun dan mendorong semangat Persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk melawan ketidakadilanm ketidakmerdekaan, ketertindasan, serta membangun mentalitas baru sebagai Bangsa yang merdeka seratus persen, itulah makna mendasar yang paling dasar dai Kemerdekaan, dan makna terdalam dari sebuah perubahan mental, dari sebuah Revolusi Mental, ungkapnya.

Iing menambahkan, pekerjaan kita belum selesai, sebagai Bangsa yang besar kita pasti akan menghadapi tantangan dan persoalan – persoalan yang besar pula, kita harus menyiapkan diri untuk menghadapi semua tantangan dengan kekuatan kita sendiri, kini sudah saatnya kira memusatkan tekad, semangat, pikiran, dan perhatian untuk mengatasi berbagai tantangan dan persoalan – persoalan yang kita hadapi, kini adalah saatnya kita untuk bekerja, bekerja nyata, dan bekerja bersama – sama, Indonesia bukan hanya tempat kita menaruh harapan, Indonesia adalah medan perjuangan kita untuk mewujudkannya. Untuk itu, tugas kita bersama untuk bergerak membuat harapan bisa menjadi kenyataan, tambahnya.

Iing berharap, semoga ALLAH SWT, Tuhan yang maha kuasa melimpahkan rahmatm karunia, dan ridhonya kepada kita semua dalam membangun Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten yang lebih maju dan berdikari untuk menuju suatu kemandirian dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, harapnya. ( Herman )

HUT RI 72 di Desa Puloerang
Warga Dusun Sukabakti Desa Puloerang dengan hasil kreatifitasnya dalam merayakan HUT RI ke-72

Comments

comments