Desa Mulyasari Gelar Pertemuan Pra Musrenbang 2018

oleh

Banjar, ( SI ) – Pertemuan Pra musrenbang tahun 2018 tingkat Desa Mulyasari dilaksanakan kemarin, Kamis ( 31/08/2017 ), bertempat di aula Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Pertemuan pra musrenbang Desa Mulyasari ini di pimpin langsung oleh Kepala Desa Mulyasari, Wawan Gunawan.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Banjar Drs. Dadang Kalyubi, perwakilan OPD, Camat Pataruman, staf Desa, lembaga Desa dan para tokoh masyarakat Desa Mulyasari.

Kepala Desa Mulyasari Wawan Gunawan mengatakan, ini sesuai peraturan dan perundang – undangan bahwa musyawarah pra musrenbang ini perlu dilaksanakan untuk pembangunan tahun berikutnya, ungkapnya.

“Apa yang telah direncanakan berjalan dengan baik, sebagaimana skala prioritas, karena ini adalah usulan warga, warga harus mendukung pada program pembangunan ketika tahun anggaran berjalan, karena ini usulan dari warga,” harap Wawan.

Pada kesempatan tersebut Camat Pataruman, Dasuki, menjelaskan kegiatan pra musrenbang ini dilaksanakan setiap tahun, dan dilaksanakan ditiap Desa, Kecamatan mau pun Kota, jelasnya.

Lanjut Dasuki, tidak salah kita untuk berpikir bersama, bagaimana agar pra musrenbang ini terpenuhi, baik aturan mau pun prosedur dan terpenuhi keinginan masyarakat Desa Mulyasari ini, terangnya.

Namun semua itu harus kita sadari, kita pahami apa pun yang menjadi keinginan atau pun program maupun wacana dari semua unsur, tidak boleh terlepas dari aturan, tidak boleh terlepas dari prosedur yang ada, baik itu dari Pemerintahan yang lebih tinggi, maupun peraturan yang ada di Kota Banjar, jelas Dasuki.

Dasuki menjelaskan lebih lanjut, “Kita paham dan mengerti apa tujuan pra musrenbang ini, kita sadar kalau pra musrenbang ini dilaksanakan, kalau data – data sudah masuk dan menjadi kesepahaman dan kesepakatan dari kita semua,” tambahnya.

Kami berharap, tidak ada usulan, keinginan, atau pengajuan di luar data yang sudah masuk, itu tidak diharapkan, karena data – data ini suatu data dari hasil musyawarah tingkat Dusun ( Musdus ).

kami yaki datanya otentik dan dari hasil kajian – kajian tokoh masyarakat, atau dari lembaga – lembaga yang ada di Desa Mulyasari ini, agar semua pembangunan, pemberdayaa masyarakat berjalan dengan baik, harap Dasuki.

Ketua DPRD Kota Banjar Dadang mengatakan, pra musrenbang tingkat Desa ini, dilaksanakan di Desa masing – masing, bertujuan untuk menyusun RKPDES yang akan datang, untuk mensosialisasikan rencana pembangunan Desa, nanti DPRD mengawal pembangunan dan apa yang menjadi kebijakan – kebijakan Desa, ujarnya.

Harapan kami di DPRD, dengan adanya pra musrenbang ini, bisa lebih kuat dalam pembangunan yang dicanangkan dan ditindak lanjuti oleh pihak Pemerintah Kota, DPRD harus mengawal apa kebijakan – kebijakan Desa dalam pembangunan ini, harap Dadang.

Dalam kesempatan tersebut, diberikan kesempatan kepada setiap perwakilan OPD, untuk memaparkan atau menjelaskan program – programnya yang menjadi prioritas, yang akan dilaksanakan di tahun 2018. (*)

Camat Pataruman dan Kepala Desa Mulyasari
Foto : Kepala Desa Mulyasari Wawan Gunawan dan Camat Pataruman, Dasuki, pada acara pertemuan pra Musrenbang tahun 2018, Kamis (31/8/2017).

(Herman ).

Comments

comments