Desa Kujangsari, Dana Desa Fokus Ke Infrastruktur Dan Pemberdayaan Masyarakat

oleh

Banjar, ( SI ) – Terkait dengan program Pemerintah percepatan pertanian dan ketahanan pangan Nasional, Desa Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar, Realisasikan Dana Desa ( DD ) tahap dua yang difokuskan ke infrastruktur dan pemberdyaan masyarakat yang berkaitan dengan pertanian.

Kepala Desa Kujangsari Siti Aisah saat dihubungi di Kantornya, Kamis ( 18/10/2017 ), mengungkapkan, untuk Dana Desa tahap dua, kami fokus ke infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, untuk infrastruktur dari Dana Desa tahap dua pembangunan drainase, ungkap Aisah.

Pembangunan drainase tersebar di 5 titik yang tersebar ditiga Dusun, Dusun Sindangmulya 3 titik, Dusun Citangkolo 1 titik dan Dusun Cijurey 1 titik semuanya itu dari Dana Desa tahap dua, karena kami ingin untuk 2017 semua drainase sudah beres dibangun semuanya, harap Aisah. 

Apalagi Pemerintah Pusat sedang menggalakan dibidang pertanian, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian kami fokus ke pembangunan drainase. Ujar Aisah.

Untuk di pemberdayaan masyarakat kami fokus ke pelatihan – pelatihan, termasuk pelatihan Karang Taruna, UMKM, Kelompok Wanita Tani ( KWT ), dan pelatihan pengrajin, selain pelatihan di pemberdayaan membantu masyarakat tidak mampu membantu perbaikan Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) sebanyak 20 unit, jelas Aisah.

Ditambahkan Aris Somantri, S.Pd.I, Dana Desa tahap pertama, fokus di infrastruktur jalan kip dan pengaspalan, yang tersebar dibeberapa titik, karena kami harapkan infrastruktur di Desa Kujangsari selesai ditahun 2018, tambahnya. 

Para pelaku UMKM masyarakat kami, mayoritas dari hasil pertanian, dengan pelatihan – pelatihan terutama pelatihan UMKM dan KWT bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, ungkap Aris. ( Herman )

Aris Somantri, Sekertaris Desa Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar
Aris Somantri, S.Pd.I, Sekertaris Desa Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar

Comments

comments