Desa Kalapasawit Realisasikan Dana Desa Tahap II

oleh

Ciamis, ( SI ) – Dana Desa ( DD ) yang memiliki maksud inti dari diluncurkannya program Pemerintah pusat secara langsung ke Desa tersebut, adalah untuk menciptakan kemandirian desa dalam partisipasi pembangunan.

Dengan program tersebut desa kini dapat  melaksanakan pembangunan diwilayahnya untuk meningkatkan kemampuan kemandiriannya dengan dana yang disiapkan pemerintah pusat, intinya guna mendorong kemandirian desa ke depan.

Dengan semangat ini pula Desa Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis penuh semangat merealisasikan amanah pemerintah pusat, untuk pembangunan di Desanya supaya tercipta Desa yang lebiih baik, lebih maju,  terutama dalam meningkatkan perekonomian warga masyarakat Desanya.

Bentuk pembangunan yang sedang dikerjakan dibidang infrastruktur dari anggaran DD tahap II tersebut, Desa Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis fokus ke infrstruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Taryan Kepala Desa Kalapasawit saat ditemui diruang kerjanya, Selasa ( 21/11/2017 ) menjelaskan, ” di Desa kami dari anggaran Dana Desa ( DD ) tahap dua untuk kegiatan fisik dialokasikan kepada peningkatan jalan dan pengerasan “, jelasnya.

Untuk kegiatan peningkatan jalan lingkungan, pengecoran jalan ada dibeberapa titik, masing – masing jalan lingkungan di RT 19 RW 05, RT 13 RW 03, RT 18 RW 04, untuk pengerasan diwilayah RT 04 RW 02, RT 21 RW 05 dan pembangunan tembok penahan tanah ( TPT ) berlokasi diwilayah RT 22 RW 05, tambah Taryan.

Selain infrastruktur jalan lingkungan kami juga alokasikan untuk peningkatan ekonomi warga dengan membangun kios empat lokal, terang Taryan.

Selain infrastruktur Desa Kalapasawit juga mengadakan pelatihan kepada ibu – ibu PKK untuk membekali keteeampilan dibidang usaha, pelatihan yang dilaksanakan membuat kerajinan piring dari lidi, ucap Taryan.

Harapan Kami dengan mengadakan pelatihan kepada Kader PKK, bisa menambah penghasilan untuk membantu perekonomian keluarga, kami juga berharap masyarakat bisa ikut mengawasi pembangunan, karena masyarakat juga harus menjadi sosial kontrol pembangunan yang ada diwilayahnya, harap Taryan. ( Herman )

Taryan, Kepala Desa Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis
Taryan, Kepala Desa Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis

 

Comments

comments