Demo Papua Tak Ingin Pisah Dari NKRI

Masa-Bakar-Bintang-Kejora

Ratusan orang menggelar demo untuk mendukung Papua, agar tak  pisah dari NKRI.

Ratusan orang menggelar demonstrasi menyatakan dukungan buat Papua, agar menjadi bagian tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

SII, Sentani Papua.   Selain menyatakan sikap dukungan, massa ini juga menolak keberadaan Komite Nasional Papua Barat (KNPB), yang dinilai akan membuat Papua lepas dari wilayah Indonesia. Ratusan massa awalnya berkumpul di Lapangan Makam Theys Eluay Senin 2 Mei 2016, di Sentani, Jayapura, dengan dikoordinir Sarlen Ayatanoi dan penanggung jawab aksi Yanto Eluay. Mereka kemudian membentangkan spanduk dukungan kepada NKRI, dan menancapkan bendera merah putih di Makam Theys Eluay. Sarlen Ayatanoi dalam orasinya mengatakan, seluruh masyarakat Papua harus menghargai tatanan adat yang ada, karena itulah dasar untuk saling menghargai.

“Jangan kita terjebak dalam konspirasi kelompok KNPB atau ULMWP (United Liberation Movement for West Papua), mereka hanya ingin membodohi dan menjadikan Papua komoditas politik untuk kepentingan mereka,” terangnya. Jadi, masyarakat Papua menyatakan sikap, menolak KNPB dan ULMWP, karena bukan memperjuangkan kepentingan rakyat. “Kami tidak akan bergabung dengan kelompok KNPB karena harus berpatokan kepada tatanan adat dan NKRI harga mati,” katanya lagi.

Baca:   Deklarasi Kebangsaan Relawan NKRI

Salah seorang tokoh masyarakat Papua, Harlem Saroy, juga menolak keberadaan KNPB, karena meresahkan masyarakat. “Kami tidak akan tergabung dengan KNPB, karena hanya ciptakan keresahan. Kami mendukung sepenuhnya Papua bagian dari NKRI,” tegasnya. Ratusan massa kemudian bergerak menuju kantor Bupati Jayapura dengan berjalan kaki, sambil membawa bendera merah putih. Di sana, massa kembali berorasi, kemudian membakar bendera bintang Kejora di halaman kantor bupati.

Selain itu masyarakat yang ada di Papua juga masih percaya dengan pemerintah Indonesia dalam upaya membangun Papua dengan damai. Masyarakat Papua sendiri banyak yang tidak ingin berpisah dengan NKRI yang sudah menjadi bagian dari kebudayaan Papua selama ini.

Banyak yang menyesalkan aksi dari KNPB yang melakukan upaya-upaya untuk menghasut dan mengajak masyarakat Papua yang sudah damai dalam NKRI untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan KNPB. Kegiatan mereka banyak yang meresahkan masyarakat di Papua sendiri. Masyarakat Papua berharap aparat keamanan bertindak tegas terhadap keberadaan KNPB di bumi Cendrawasih agar tidak menganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat Papua untuk beraktifitas sehari-hari.

Tim.SII

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.