Deklarasi Cakra 19 #jokowilagi, Jangan Kebanyakan Teori

oleh
Ibnu Darmawan memberikan contoh menanam mangrove yang benar pada relawan pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin
Ibnu Darmawan memberikan contoh menanam mangrove yang benar pada relawan pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin

SOROTINDONESIA.COM | Semarang – Tiga hari pasca pendaftaran pasangan Calon presiden (Capres) – Calon wakil presiden (Cawapres) arus dukungan dari kubu Joko Widodo dan Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto dan Sandiaga Sholahuddin Uno mulai bermunculan. Hari ini (12/08) komunitas relawan yang mengatasnamakan diri Cakra 19 #jokowilagi mendeklarasikan dukungan pada Joko Widodo – Ma’ruf Amin dengan kegiatan tanam mangroove di pantai Tapak Mangkang Wetan Tugu Kota Semarang.

Ibnu Darmawan, Koordinator tim relawan Jokowi Cakra 19 #jokowilagi wilayah Jateng mengungkapkan kegiatannya di tiap kabupaten atau kota, “Kegiatan kita sesuaikan potensi lokal, untuk di Semarang ini dengan tanam mangroove karena di sini kita perhatikan abrasi sudah bisa dibilang cukup parah. Sedangkan di tempat lain sudah ada yang dilaksanakan dalam bentuk latihan kelompok wirausaha,” kata Ibnu.

Menurutnya, pembangunan yang dilakukan oleh Joko Widodo dalam periode pertama ini demikian pesat. Berbeda jauh dengan presiden sebelumnya, karena itu ia berpendapat harus dilanjutkan pada periode kedua, “Pembangunan pesat harus dilanjutkan dengan cara Jokowi harus 2 periode,” tegasnya, “kita sebagai rakyat juga harus mengimbangi dengan kerja yang nyata seperti Pak Jokowi. Pembangunan tentu membuka peluang baru bagi rakyat,” ungkap dia, “karena itu kita juga jangan kebanyakan teori, contoh ini misalnya kalau tidak ada komunitas peduli lingkungan yang kerja nyata, apa hutan mangroove ini bisa terawat dan berkembang?,” tandasnya.

Dengan melakukan tanam mangroove pria asal Kebumen ini juga memotivasi para relawan untuk mencontoh semangat kerja, semangat juang Jokowi. Kebersihan, menanam, menjaga lingkungan hidup itu jangan hanya teori. Hal tersebut semestinya menjadi budaya masyarakat dari elemen terkecil sehingga kelestarian lingkungan terjaga dari budaya menanam dan menjaga ekosistem, kebersihan terjaga karena budaya bersih, dan lain sebagainya.

“Intinya jangan kebanyakan teori, tanpa praktik,” ujarnya. Saat ditanya tentang target dia jawab, “kita ini relawan murni, bukan parpol, dan tidak mengenal target. Jadi terus menerus mengajak masyarakat untuk sadar dengan pilihan bagi 5 tahun yang sangat berharga.”

Terkait nama Cakra 19 #jokowilagi ia mengungkapkan terinspirasi dari senjata ampuh Sri Krisna. Ia berharap Jokowi bisa menjadi senjata yang ampuh dalam memakmurkan dan mengangkat martabat bangsa Indonesia, sedangkan angka 19 diambil dua digit dari tahun pemilu, 2019 serta ramaikan media sosial dengan tanda pagar (#) jokowilagi.

Tathiroh (41), salah satu relawan Cakra 19 #jokowilagi menyatakan kampanye yang mendidik. Menurutnya, Jokowi telah mengajarkan banyak hal pada bangsa ini. Tanpa banyak kata, kerja nyata, hasnya jelas ada. Ia juga menyadari seperti halnya menanam mangrove yang hasilnya belum tentu saat ini kita rasakan manfaatnya. Pembangunan yang masif sebagai potensi baru membuat masyarakat sejahtera tak harus kita rasakan sendiri, “mungkin saat ini kita tidak bisa secara langsung menikmati semua hasil kerja Pak Jokowi selama menjabat presiden RI dengan bepergian ke seluruh penjuru nusantara ini. Namun, bisa saja nanti anak cucu kita yang berkesempatan menikmati hasil kerja presiden saat ini,” tuturnya bijak.

Sutopo, pegiat Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang merawat mangrove area tersebut menyatakan hal serupa. Terlebih dengan adanya bandara baru menjadikannya tambah semangat untuk merawat mangrove? “Kalau tanaman mangrove di area ini bisa terawat dan tertata rapi tentunya para penumpang pesawat akan kagum dengan panorama yang ada,” ucapnya, “jadi, saya beserta teman-teman yang mengelola area ini berharap menjadi destinasi wisata pesisir yang dikenal di manca negara,” harapnya. (arh)

Berikan arahan : Petugas pengelola hutan mangrove area Tugu tengah memberikan informasi tentang mangrove dan arahan cara menanam yang benar
Berikan arahan : Petugas pengelola hutan mangrove area Tugu tengah memberikan informasi tentang mangrove dan arahan cara menanam yang benar.

Comments

comments