Dansektor 21 Paparkan Citarum Harum Di Pembekalan Komandan Kodim TA 2019

oleh -
Dansektor 21 Paparkan Citarum Harum Di Pembekalan Komandan Kodim TA 2019
Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.I.P., M.Si., sampaikan program Citarum Harum di kegiatan Pembekalan Komandan Kodim TA 2019 di Pusdikter Pusterad, Ngamprah, Jumat (1/11/2019).

sorotindonesia.com, NGAMPRAH,- Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., laksanakan kegiatan Pembekalan Komandan Kodim TA 2019 yang bertempat di Aula Ahmad Yani Pusdikter Pusterad, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (1/11/2019).

Pada kegiatan yang diikuti oleh sebanyak 115 peserta itu, Kolonel Yusep memaparkan tentang peranan TNI Kodam III/Siliwangi dalam program Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum sesuai dengan Perpres No.15 tahun 2018.

Komandan Sektor 21 Satgas Citarum ini, menjelaskan cukup detail permasalahan umum yang terjadi pada sungai terpanjang di Jawa Barat tersebut dan langkah yang telah dilakukan untuk mengatasinya yang melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Dijelaskan oleh Kolonel Yusep selama kurang lebih tiga jam, permasalahan yang terjadi di DAS Citarum antara lain adalah sampah, lahan kritis, limbah domestik dan industri, keramba jaring apung, kotoran hewan ternak dan manusia, bangunan liar, sedimentasi.

“Ya, kita menyampaikan gambaran tentang Citarum Harum kepada para Dandim,” ujar Kolonel Yusep kepada wartawan seusai paparan.

“Mungkin mereka akan tugas di wilayah yang memiliki masalah yang sama dengan Citarum, kegiatan ini bisa diadop. Terlebih bila nanti ada yang masuk ke Kodam III/Siliwangi, ya melanjutkan. Karena program Citarum Harum ini dicanangkan selama tujuh tahun dan sekarang sudah masuk ke tahun kedua,” jelasnya.

Kolonel Yusep menerangkan lebih lanjut, “Tidak menutup kemungkinan para Dandim atau calon Dandim ini suatu saat akan menjabat di lingkungan Kodam III/Siliwangi, sehingga sudah tau, tidak lagi meraba-raba. Lalu, kita ingin menyampaikan luarbiasanya lingkungan di Jawa Barat ini yang harus kita kelola dengan baik. Kata-kata satu koordinasi itu ternyata tidak mudah dalam pelaksanaannya, karena banyak kepentingan disitu,” terangnya.

“Disinilah perlu kearifan para Dandim di lapangan, bisa berkolaborasi secara pentahelix dengan berbagai pihak dimanapun bertugas,” pesan Kolonel Yusep.

Kolonel Yusep juga berterimakasih kepada Pusdikter Pusterad yang telah memberikan waktu bagi Sektor Citarum Harum untuk memberikan pengarahan.

Kesempatan terpisah, Letkol Inf Charles Alling, ketua senat pembekalan Komandan Kodim TA 2019 dihadapan wartawan usai paparan dari Kolonel Inf Yusep Sudrajat selaku Komandan Sektor 21 Satgas Citarum menyebutkan, “Pengarahan yang disampaikan oleh Kolonel Yusep tadi telah memberikan gambaran, bagaimana langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah dan TNI, kaitannya dengan penanganan masalah lingkungan, khususnya normalisasi dan kebersihan lingkungan sungai,” kata Dandim 0906 Tenggarong tersebut.

“Jadi, yang sudah dilakukan di Kodam III Siliwangi tentunya menjadi dorongan bagi kami semuanya para Dandim di seluruh wilayah NKRI ini dengan harapan bisa turut melakukannya. Karena masalah lingkungan sungai ini tidak hanya ada di Jawa Barat, tetapi di seluruh wilayah ada permasalahan yang sama,” ungkap Charles.

“Kita akan ikut mendorong pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang ada guna melakukan kegiatan dengan maksimal untuk lingkungan,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan pemaparan materi Citarum Harum ini, diantaranya Wadan Pusdikter Pusterad, Letkol Inf Zusnan Hadi Hudaya, Dansatdikpa Letkol Inf Bagus, serta Dansatdikba Letkol Kav IWB Sutrisno.

Kegiatan Pembekalan Komandan Kodim TA 2019 ini sendiri berlangsung dari tanggal 28 Oktober 2019 hingga 2 November 2019.[St]

Comments

comments