Danramil Kutorejo : Sikapi Hoax Bernuansa SARA yang Beredar Melalui Jejaring Sosial atau Pesan Berantai Whatsapp

oleh
Danramil Kutorejo

Di Acara Pengajian Umum, Danramil 0815/13 Kutorejo Ajak Perkokoh Empat Pilar Kebangsaan

MOJOKERTO – Pembinaan teritorial (Binter) terus dilakukan Danramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto, yang dilakukan melalui komunikasi sosial dengan instansi pemerintah dan segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah dalam berbagai forum dan kegiatan.  Kali ini, Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Desto Jumeno bersama unsur Forpimka menghadiri kegiatan Sema’an Al-qur’an dan Dzikrul Ghofilin Sinar Bulan dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Jam’ul Jawami’, di Ponpes Hidayatul Hikmah Dusun Kalicangkring Desa Kaligoro Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto, Jum’at (05/01/2018) malam.

Saat memberikan sambutan mewakili Forpimka Kutorejo, Danramil 0815/13 Kapten Inf Desto Jumeno menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Gus Taufiq Pimpinan Ponpes, Para Kyai, Alim ulama dan segenap undangan yang hadir dalam acara Sema’an Al-Qur’an.  Danramil juga menyampaikan, terkait dengan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dengan segala dampak positif maupun negatifnya, perlu disikapi secara bijak dengan marak dan beredarnya berita-berita (hoax) bernuansa SARA yang cenderung memprovokasi atau mengadu domba yang beredar melalui jejaring sosial atau pesan berantai seperi Whatsapp dan lain-lain.

Ingatkan anak anak kita, tidak usah ikut-ikutan faham yang tidak jelas, jangan mudah terhasut dan terpecah belah, saling menghormati diantara keberagaman, kita harus saling menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, Pancasila sudah final dan NKRI harga mati. Di akhir sambutannya, Danramil mengajak para tokoh dan elemen masyarakat untuk terus berperanserta dalam memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang Empat Pilar Kebangsaan atau yang dikenal dengan Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Sejatinya kegiatan tersebut sudah berlangsung Ba’da Sholat Subuh yang diawali dengan Khotmil Qur’an Bil Ghoib kemudian Ba’da Sholat Maghrib dilanjutkan Dzikrul Ghofilin, Sholat Isya’ Berjama’ah, Pembacaan Wasilah-wasilah dan Doa Khotmil Qur’an, Mahalul Qiyam.  Dalam kegiatan tersebut, diisi dengan maidzatul hasanah oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto Drs. Abdul Wahib, M.Pd.I.,  KH. Imam Muzakki Pengasuh Semaan Al-Qur’an Sinar Bulan dari Mojokerto dan KH. Warto Habib dari Lamongan.

Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 850 orang, antara lain Pengasuh Ponpes Hidayatul Hikmah Gus Taufik Rudiyanto, S.Pd, Para Kyai dan Alim Ulama, Kapolsek Kutorejo AKP Putu Sadia,  Kasi Tramtib Kecamatan Kutorejo Nurmakin, Ketua MWCNU Kutorejo H. Moh. Khasan, Kades Kaligoro, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Kaligoro, serta jama’ah dan undangan.  (Penrem 082/CPYJ)

Comments

comments