Daftar Maskapai Terburuk Dunia Ternyata 9 dari Indonesia

oleh
Daftar Maskapai Terburuk Dunia Ternyata 9 dari Indonesia

AirlineRatings.com merilis daftar maskapai terburuk di dunia. Setidaknya ada 9 nama maskapai asal Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Salah satu pemicunya adalah tingkat keselamatan dan keamanan penerbangan yang buruk.

Kesembilan maskapai tersebut adalah Batik Air, Citilink, Kal-Star Aviation, Lion Air, Sriwijaya Air, TransNusa, Trigana Air Service, Wings Air dan Xpress Air.

Daftar tersebut mengacu pada data 50 tahun terakhir yang mencatat ada 87 kecelakaan maskapai, yang telah menewaskan tidak kurang dari 1.597 orang. Selain 9 maskapai dari Indonesia, daftar 10 maskapai dengan tingkat keselamatan terendah juga diisi oleh satu maskapai asal Suriname, yaitu Bluewing Airlines.

Dikutip dari CNN, AirlineRatings.com mengatakan, sebuah maskapai penerbangan yang mengalami kecelakaan hingga menyebabkan kematian penumpang dan awak pesawat, secara otomatis akan kehilangan bintang dari peringkat keselamatannya.

Untuk menghasilkan daftar maskapai ini, AirlineRatings.com telah melakukan survei terhadap 407 maskapai dunia. Maskapai yang menduduki peringkat paling atas dengan tingkat keselamatan terbaik adalah maskapai asal Australia, Qantas.

Dan menyusul 20 maskapai terbaik lainnya, yaitu American Airlines, Alaska Airlines, All Nippon Airways, Air New Zealand, Cathay Pacific Airways, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Finnair, Hawaiian Airlines, Japan Airlines, KLM, Lufthansa, Skandinavia Airline System, Singapore Airlines, Swiss, United Airlines, Virgin Atlantic dan Virgin Australia. (merdeka)

Comments

comments