Camat Jatinangor Gelar Karya Bhakti Bersihkan Sungai Dan Saluran Air

oleh -
Camat Jatinangor Gelar Karya Bhakti Bersihkan Sungai

sorotindonesia.com, KAB. SUMEDANG,- Camat Jatinangor, Syarif Effendi Badar, gelar kegiatan gerakan kebersihan saluran air dan sungai berkenaan dengan tibanya musim hujan yang rentan terhadap banjir dan genangan air sekaligus juga dalam rangka mendukung Program Citarum Harum.

´┐╝kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan serentak di Kecamatan Jatinangor hingga ke tingkat RW yang melibatkan jajaran Muspika dan seluruh komponen masyarakat dan insitusi yang berada di kecamatan tersebut.

Syarif Effendi bersama jajaran Muspika yang antara lain Danramil Jatinangor Kodim Sumedang, Kapten Inf Lilo, dan Kapolsek Jatinangor Polres Sumedang, Kompol Denny G, mengambil bagian sekitar pukul 14.00 WIB di jembatan pintu air Cibeusi II yang berbatasan dengan wilayah Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pasiminops Sektor 21 Satgas Citarum Letda Inf Saniyo beserta jajaran Subsektor 21-15/Sumedang, perwakilan mahasiswa KKN Tematik Unpad, Asep Abdul Halim selaku perwakilan Al Masoem, warga, serta ormas setempat.

Camat Jatinangor dalam kegiatan itu juga langsung berkomunikasi dengan warga setelah menemukan ada tumpukan sampah yang dibuang di bantaran sungai.

Camat Jatinangor, Syarif Effendi Badar.

Ditemui oleh wartawan usai karya bhakti, Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar menjelaskan, “Alhamdulillah, kita baru melaksanakan kegiatan dalam rangka mendukung program Citarum Harum. Jatinangor ini merupakan salasatu wilayah hulu dari Sungai Citarum, sehingga tentunya berkontribusi terhadap kondisi Sungai Citarum,” jelasnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, “Kegiatan di tempat ini dilaksanakan oleh unsur Muspika, KKN Unpad, Satgas Citarum Harum, ormas dan warga masyarakat,” ucapnya.

“Hari ini kita melaksanakan bersih-bersih di dua titik sungai, Sungai Cibeusi dan Sungai Cikeruh. Bersih-bersih ini juga dilakukan di tingkat RW yang sasarannya selokan dan saluran air,” ungkap Camat.

Atas sinergitas yang terjalin dalam kegiatan tersebut, Camat Jatinangor berharap ini bukan kegiatan satu-satunya.

“Ya, ini bukan kegiatan terakhir, tapi kami akan terus menerus memberikan edukasi kepada masyarakat, tidak hanya bersih-bersih, tapi juga penghijauan di wilayah Jatinangor. Insya Allah, di musim hujan ini kami sudah programkan penanaman di wilayah hulu yang tentunya sangat berpengaruh terhadap lingkungan sungai kedepannya,” pungkasnya.

Kesempatan yang sama, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Pasiminops Sektor 21 Letda Inf Saniyo memberikan apresiasi atas gerakan kebersihan sungai dan saluran air yang diinisiasi oleh Muspika Jatinangor.

“Kami atas nama Satgas Citarum memberikan apresiasi kepada pihak Kecamatan Jatinangor, kita hari ini melaksanakan kerjasama untuk meningkatkan peran di suksesnya program Citarum Harum,” ucapnya.

“Program ini bisa berjalan dengan baik apabila seluruh komponen masyarakat saling bekerjasama dan saling mendukung. Salasatunya dalam kegiatan karya bhakti seperti ini,” pungkasnya.[St]

 

 

Comments

comments