Bawaslu RI Resmikan Pojok Pengawasan Panwaslu Kota Banjar

oleh -

Banjar, ( SI ) – Pojok pengawasan Panwaslu Kota Banjar diresmikan oleh anggota Bawaslu Republik Indonesia, hadir dalam acara peresmian tersebut, Hapipudin anggota Bawaslu RI, anggota komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Barat, para anggota komisioner Panwsalu Kota Banjar, anggota komisioner KPU Kota Banjar, perwakilan Polres Banjar, perwakilan Kejaksaan Kota Banjar dan tamu undangan lainnya, Sabtu ( 30/12/2017 ) bertempat diKantor Panwaslu Kota Banjar.

Hapipudin anggota Bawaslu RI mengatakan, ini sudah instruksi dari Bawaslu RI, Artinya untuk mendekatkan hubungan masyarakat dengan pengawas, jadi salah satunya diterjemahkan dalam membuat titik – titik pertemuan yang memudahkan masyarakat datang ke kantor pengawas, ungkapnya.

Menambahkan, dengan diresmikannya pojok pengawasan Provinsi maupun Kanupaten /Kota menuju pemilu 2019, semua Kabupaten/Kota sudah mempunyai pojok pengawasan, dan diharapkan menjadi pusat pertemuan dan sinergi antara masyarakat dan pengawas, tambahnya.

Lanjut Hapipudin menjelaskan, kami menggunakan teknologi informasi juga untuk menampung laporan dari masyarakat, itu kita buat aplikasi untuk pengawasan, kemudian untuk pengembangan, hal itu untuk memudahkan laporan dari bawah, masyarakat harus banyak terlibat dalam proses pemilu, yang selama ini pemilu hanya prosedural dan subtansi bicara apa namanya nilai-nilai demokratis lebih terjaga lagi, kekurangan menjadi semakin minim, jelasnya.

Semua tahapan kita awali, Yang pertama kita sudah tidak dalam posisi pasip dalam melawan politik uang tapi aktip memerangi politik uang, termasuk memerangi kampanye hitam dan menggunakan isu sara, karena dua isu ini yang menjadi salah satu yang mempunyai daya rusak dan daya ledak yang luar biasa, tandasnya.

Mobilisasi ASN atau netralitas ASN yang menjadi perhatian kita termasuk juga netralitas TNI dan Polri karena ini termaktub dalam undang-undang 7 yang harus menjadi perhatian pengawas, yang sudah jelas peraturannya adalah ASN dan nanti akan diminta oleh KSN dengan yang lainnya, dengan definisi ASN yang sudah sangat prinsipil itu, yang tadi, imbuhnya.

Hapipudin berharap, dengan proses tahapan ini nanti diawasi banyak orang dan makin banyak orang dengan semakin banyak mata telinga mengawasi kita harapkan semakin takut juga publik melakukan kecurangan, termasuk nanti ketika menjelang hari tenang kita ingin juga ada semacam patroli anti politik uang, buat macam operasi, harapnya.

Ketua Panwaslu Kota Banjar Irfan Saepul Rahman dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada anggota Bawaslu RI dan Provinsi yang telah hadir dalam acara peresmian pojok Panwaslu Kota Banjar, ucapnya.

Pojok pengawasan ini tidak hanya di panwsalu Kota Banjar, tapi juga dibuka pojok pengawas ditiap panwas Kecamatan, mudah – mudahan ini yang pertama di Jawa Barat, pojok pengawasan partisipatip sampai tingkat Kecamatan, tambah Irpan. ( Herman )

Comments

comments