Badan Geologi KESDM Adakan Sosialisasi Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Gerakan Tanah

BANDUNG – Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) – Badan Geologi dalam kurun waktu 2005 – 2016 tercatat sekitar 1.887 kejadian gerakan tanah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang mengakibatkan korban jiwa mencapai 3224 orang.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam satu tugas pokoknya memiliki tujuan mengurangi jatuhnya korban jiwa, harta benda serta dampak sosio-ekonomi akibat dampak bencana.

Untuk itu, Badan Geologi KESDM mengadakan Sosialisasi Potensi Kebencanaan Gerakan Tanah di Indonesia, yang diselenggarakan di Auditorium Geologi Jl Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (11/10/2017), yang merupakan salah satu bentuk strategi mitigasi gerakan tanah oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Kepala Badan Geologi pada acara Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gerakan tanah
Plt Kepala Badan Geologi KESDM, Rida Mulyana.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Kepala Badan Geologi, Rida Mulyana, yang sekaligus memberikan sambutannya. Hadir sebagai narasumber, Agus Budianto Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Badan Geologi dan Martanto yang memaparkan tentang Magma Indonesia dari PVMBG Badan Geologi.

Agus Budianto Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Badan Geologi
Agus Budianto, Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Badan Geologi.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas ESDM seluruh Indonesia, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia.

Baca:   PSDMBP Badan Geologi Rekomendasi 52 Wilayah Prospek Mineral, Batubara, Bitumen Padat, CBM dan Panas Bumi Pada Paparan Kegiatan TA 2016

Informasi peringatan dini selain dibuat dalam bentuk Peta Prakiraan Wilayah Potensi Terjadi Gerakan Tanah dan Banjir Bandang di seluruh Provinsi di Indonesia yang setiap bulan disampaikan kepada para gubernur dan para pemangku kepentingan yang lain, dapat juga diunduh melalui situs http://www.vsi.esdm.go.id. Informasi kebencanaan geologi ini juga dapat diakses melalui Aplikasi MAGMA INDONESIA, sebuah aplikasi mobile pertama di dunia yang menyajikan informasi resmi kebencanaan geologi terintegrasi dalam satu jendela dan dapat diakses secara real-time.

Aplikasi berbasis android ini dapat diakses melalui situs web https://magma.vsi.esdm.go.id atau diunduh di Google Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.magma.pvmbg.magmaindonesia. (Rls/St)

Comments

comments