Avana Indonesia Diluncurkan

oleh

BANDUNG – AVANA Indonesia adalah sebuah terobosan platform e-commerce yang terintegrasi lewat Facebook, dibuat sebagai alat bantu untuk memperkenalkan dan menjual produk dengan sistem online di web dan media sosial dengan cara mudah, tinggal menggunakan alat bantu ponseI atau tablet.

Disini kita dapat mengelola pelanggan, pemesanan, dan proses pembayaran dari pelanggan dengan mudah dalam satu tempat.

Sebagai pengenalan pertama kepada masyarakat mengenai AVANA Indonesia, telah digelar soft launching pada hari, Sabtu (7/10/2017) lalu, bertempat di Hotel Travello Jalan Setiabudhi 268, Kota Bandung. Dalam acara ini, dihadiri juga oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) yang memberikan motivasi bisnis yang berkah kepada yang seluruh pengunjung yang hadir.

Aa Gym saat memberikan motivasi bisnis yang berkah digelaran soft launching Avana Indonesia
Aa Gym saat memberikan motivasi bisnis yang berkah digelaran soft launching Avana Indonesia

Muhammad Ghazi Alghifari sebagai CEO AVANA Indonesia yang juga Direktur Utama MQ Digital dikesempatan tersebut berharap,” semoga AVANA ini dapat menjadi jalan kebaikan bagi banyak orang, dengan tujuan akhir terciptanya sistem yang membantu banyak orang agar dapat memanfaatkan waktu untuk berwirausaha tapi tidak mengorbankan waktu untuk ibadah dan keluargannya,” ucapnya.

Lanjut Ghazi, ”Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan Electronic Commerce (E -Commerce) tertinggi di dunia. Beberapa tahun terakhir, semakin banyak pelaku usaha yang mengembangkan usahanya ke dunia digital. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), industri E-commerce Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir tumbuh sekitar 17 persen dengan total jumlah usaha E-Commerce mencapai 26,2 juta unit,” ujar pemuda yang merupakan anak ke-2 dari Aa Gym ini.

Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis online saat ini diantaranya pada admin yang harus selalu dapat merespon permintaan dari pelanggan setiap saat, mengunggah produk-produknya di berbagai sosial media, dan itu membutuhkan waktu lama dan memakan kuota internet, atau juga terkait pengelolaan data pelanggan atau pendataan stok barang yang masih manual.

Untuk menjawab berbagai permasalahan di atas, AVANA Indonesia hadir sebagai alat bantu dalam pengelolaan bisnis online dengan sebuah sistem yang membuat cara berjualan lebih efektif dan mudah. Karena AVANA memiliki sistem yang mudah untuk digunakan dan infrastuktur IT yang baik.

Salah satu keunggulan lain dari sistem AVANA ini adalah, integrasi pengelolaan sosial media yang biasanya kita perlu mengunggah produk di berbagai media sosial, tapi dengan adanya sistem AVANA ini, kita hanya perlu satu kali mengunggah produk dan akan langsung terintegrasi di berbagai media sosial, khususnya Facebook. Hal ini akan sangat memudahkan terutama jika produk yang disediakan variannya banyak.

Selain itu, AVANA juga memudahkan pelaku bisnis online dalam menjawab pesan dari pelanggan dalam Fanpage Facebook. Mereka atau admin toko online tidak perlu selalu online setiap saat karena AVANA menyediakan opsi auto-reply. Sehingga, pelanggan tidak perlu menunggu jawaban terlalu lama, karena respon yang diberikan dari toko online ini akan sesuai keinginan pemilik toko online.

Kelebihan AVANA lainnya adalah dengan sistem pengelolaan stok produk, pengelolaan data pelanggan dan pembayaran dengan sistem payment gateway integration. Dan menariknya pembayaran tersebut di lakukan didalam Fanpage Facebook atau dalam Messenger Facebook. Dalam paket program ini akan ada pelatihan FB Ads, FB Messenger Blast, dan lain-lain. 

Seluruh fitur dalam sistem AVANA Indonesia ini dapat digunakan lewat satu Dashboard yang simpel dan menarik. Sehingga, sistem ini sangat cocok bagi para pelaku bisnis online yang ingin berkembang besar dan menjadikan bisnis sebagai pendapatan utamanya.

Ditambahkan oleh Akmal Dahlan, keunggulan dari aplikasi ini bisa menghubungkan penjual online pada sistem sosial media, sistem yang pertama kali ada di Asia Tenggara yang bisa bertransaksi langsung di Facebook. Program sejenis seperti ini sudah ada, tapi yang sama dengan Avana tidak ada, kita berbeda dengan market place. Salasatu contohnya adalah ketika ada customer yang membayar, maka akan ada sign lampu hijau di Messenger. 

CEO Avana lainnya, Luqman, dikesempatan yang sama menjelaskan bahwa pihaknya akan men-trainee para usahawan online dan membantu UMKM agar bisa terus berkembang melalui program ini. “Ada jenjang pelatihan yang kita sebut L-0, L-1, L-2 dan L-3. Gambaran pelatihan ini bisa kita lihat di tayangan Youtube, Avana Messenger Store,” ungkap Luqman. 

M Bascharul Asana, Direktur Avana Indonesia menyebutkan, peluang yang bisa diberikan disini diantaranya sistem yang mempertemukan semua sosial media hanya dalam satu platform, disamping member akan diberikan pelatihan agar lebih baik perniagaannya dengan internet dan e-commerce. “Ini bentuk partnership,” ujar pria yang juga akrab dipanggil Ruli. “Targetnya, dengan sistem ini bisa mendongkrak omset dengan persentase yang signifikan dalam jangka waktu 6 bulan,” imbuhnya.

Diterangkan oleh Ruli, untuk pembuatan sistem ini, dimulai dari harga Rp 1,5 juta/tahun. “Tergantung nanti dengan paket program yang akan diambil. Untuk keterangan lebih jauh terkait dengan kesempatan dan peluang ini, masyarakat bisa berkunjung ke kantor MQ Jl Geger Kalong No. 32, Kota Bandung, atau bisa dilihat di www.avana.id,” pungkasnya. (*)

Aa Gym saat memberikan motivasi bisnis yang berkah digelaran soft launching Avana Indonesia
(Ki-ka) M Ghazi Alghifari, M Bascharul Asana, Luqman dan Akmal Dahlan di kesempatan konferensi pers seusai acara peluncuran Avana Indonesia di Hotel Travello Jl Setiabudi, Kota Bandung.

 

Comments

comments