Keren, ARTCYCLING Memadukan Teknologi Dengan Olahraga dan Seni

oleh

Perkembangan teknologi kini telah masuk ke berbagai bidang kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari, termasuk juga olahraga yang semakin tidak bisa dipisahkan dengan teknologi digital.

Salasatu olahraga yang makin digemari, bersepeda, juga mengalami fenomena serupa dan bisa dikemas menjadi semakin menarik.

Para pesepeda banyak yang menggunakan aplikasi digital ketika melakukan olahraga kegemarannya tersebut. Mereka merekam aktivitas bersepedanya dalam bentuk foto dan peta jejak lintasan, untuk kemudian mengunggahnya ke jejaring sosial sebagai kebanggaan pribadi sekaligus menantang penggemar sepeda lain.

Masyarakat Industri Kreatif Digital Indonesia (MIKTI) melihat fenomena tersebut sebagai peluang untuk memadukan teknologi, olahraga, dan seni menjadi sebuah inisiatif yang seru dan bermanfaat.

MIKTI, didukung oleh Kementerian Pariwisata dan salasatu bank BUMN akan menggelar ARTCYCLING, sebuah lomba bersepeda unik yang baru pertama kali diselenggarakan secara resmi di Indonesia, bahkan di dunia.

Pemenang bukan ditentukan berdasarkan kecepatan, akan tetapi berdasarkan KARYA GRAFIS yang dihasilkan dari jalur perjalanan yang dilalui selama bersepeda.

Para peserta ARTCYCLING hanya perlu menggunakan aplikasi mobile yang disediakan panitia selama lomba, kemudian bersepeda sesuai jalur yang direncanakan sendiri di kotanya masing-masing.

ARTCYCLING ini mengambil tema Pesona Indonesia, sehingga peserta ditantang untuk bersepeda mengikuti jalur yang dapat menghasilkan pola se-kreatif mungkin yang menggambarkan keunikan dan keindahan Indonesia, seperti Komodo, Keris, Monas, Cendrawasih, dan lainnya.

Artcycling
Artcycling

“Untuk pertama kalinya MIKTI membuat even yang lain dari biasanya. Biasanya MIKTI membuat even yang bersifat edukasi terkait dunia start up dan pesertanya adalah para komunitas IT. Nah, sekarang ini MIKTI mencoba beralih ke masyarakat umum khususnya pecinta sepeda dan olahraga pada umumnya. Tujuannya agar masyarakat bisa merasakan manfaat perpaduan antara teknologi, seni, dan Olahraga,” ujar Indra Purnama selaku Direktur Eksekutif MIKTI.

Lomba ARTCYCLING akan berlangsung selama 24 jam, dari 16 Desember 2017 Pukul 09.00 WIB hingga 17 Desember 2017 Pukul 09.00 WIB. Selama waktu tersebut, peserta lomba dapat menentukan sendiri waktu start dan finish, jarak tempuh, hingga jalur yang akan dilalui.

Setelah sesi lomba berakhir, para peserta di undang untuk berkumpul dan mengikuti Big Bang Event dan Pengumuman Pemenang yang akan diselenggarakan di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta tanggal 17 Desember 2017 Pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Peserta di 10 kota lain pun dapat mengikuti keseruan yang sama di titik kumpul yang disediakan panitia di Banda Aceh, Pekanbaru, Medan, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar. Selain itu akan ada hadiah hadiah utama berupa tabungan, sepeda, dan Door Prize menarik lainnya.

ARTCYCLING diselenggarakan atas kerjasama Masyarakat Industri Kreatif Digital Indonesia (MIKTI), Kementerian Pariwisata, dan BUMN, serta didukung oleh komunitas sepeda B2W (Bike to Work), Good News From Indonesia, dan komunitas sepeda lainnya di Indonesia.

Untuk informasi dan pendaftaran dapat mengakses: www.artcycling.id,
IG: artcyclingIndonesia, FB: Artcycling

[Rls]

Comments

comments