Antusiasme Pendaftar Paslon Gubernur Jabar Jalur Perseorangan Belum Terlihat

oleh

BANDUNG – Sampai dengan pukul 15.00 Wib hari ini, belum ada satupun pasangan calon (paslon) jalur perseorangan gubernur dan wakil gubernur yang hadir untuk mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) Jl Garut No. 11, Kota Bandung, Sabtu (25/11/2017).

Dikabarkan sebelumnya, paslon Jajang Suherman dan M Teguh Harditya akan hadir membawa berkas dan dokumen persyaratan pendaftaran hari ini, namun hingga pukul 15.00 belum memberikan konfirmasinya lagi kepada pihak KPU.

Pasangan Jajang – Teguh, pada hari Jumat kemarin sempat datang ke kantor KPU dengan maksud untuk mendaftar, namun kedatangannya tersebut tidak disertai dengan dokumen yang dipersyaratkan. Dijanjikan mereka akan melengkapi berkas pendaftarannya hari ini.

Dijelaskan oleh Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat kepada Sorot Indonesia dikantornya, bahwa ada lima paslon yang sudah mengambil Sipol, tetapi belum memberikan konfirmasinya. “Kita menawarkan kepada mereka (LO paslon), sudah di Bimtek, kalau masih ada kendala-kendala tinggal berkomunikasi dengan kami. Bisa mereka datang kesini atau kita yang datang ke sekretariat pemenangan mereka. Tetapi sampai saat ini belum ada LO dari perseorangan yang mengeluh tentang Sipol itu, karena memang sampai saat ini tidak ada hal-hal yang ditanyakan,” jelas Yayat.

“Tapi bila kita lihat Sipol ini, belum ada yang mengisi, semuanya masih nol,” terang Yayat menambahkan.

Sebelumnya KPU Jabar sudah mempersiapkan diri sejak pembukaan hari pertama tanggal 22 November untuk menerima pendaftaran setiap bakal calon di jalur perseorangan, “Sejak dibukanya pendaftaran, kami sudah siap, ada ataupun tidak ada yang datang,” ujar Yayat.

“Hari terakhir tanggal 26 November, kami akan tunggu sampai dengan pukul 24.00,” katanya mengingatkan.

Menurut Yayat, pihaknya sudah lama mensosialisasikan terkait paslon perseorangan, kemudian bahkan sudah melatih cara mengisi sistem informasi pencalonan (Silon), lalu sudah menawarkan jika ada kesulitan dalam Sipol, baik itu konsultasi disini ataupun KPU yang mendatangi ke tempat paslon. “Tapi sampai hari ini fasilitas yang kita tawarkan belum dimanfaatkan,” kata Yayat lagi.

Dituturkan oleh Yayat bahwa penutupan pendaftaran sampai dengan tanggal 26 November pukul 24.00 Wib sudah final, “Sudah keputusan, ada atau tidak ada kita tutup tanggal 26 November pukul 24.00, lewat dari itu tidak bisa lagi,” tegasnya.[St]

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat, saat memberikan informasinya terkait paslon jalur perseorangan pada wartawan di salasatu ruang KPU, Sabtu (25/11/2017).
Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat, saat memberikan informasinya pada wartawan di salasatu ruang KPU, Sabtu (25/11/2017).

 

Comments

comments