Antisipasi Serangan Wereng, Babinsa Dan Petani Karangduren Tanam Bunga Refugia

oleh -
Penanaman Refugia oleh Petani dan Babinsa di Karangduren Kabupaten Jember untuk mengantisipasi serangan hama wereng

Jember,- Hama yang sangat dikenal membahayakan pertanian khususnya tanaman padi adalah wereng, wereng ini merupakan jenis serangga yang sering menyerang tanaman padi yang telah berusia 30 hari dari tanam.

Hama tersebut saat ini sudah mulai menyerang tanaman padi petani di wilayah selatan meskipun kondisinya belum parah namun perlu diambil langkah-langkah antisipatif agar hama tersebut tidak meluas ke lahan kelompok Tani Subur-2 Desa Karangduren Kecamatan Balung Kab Jember.

Upaya antisipatif yang dilakukan oleh kelompok tani Subur- 2 sesuai arahan dari Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Sutrisno didampingi Babinsa Sertu Sumali adalah dengan menanam bunga beraneka warna ditepian sawah, karena tanaman-tanaman berbunga tersebut sangat digemari oleh serangga, itu adalah langkah antisipatif yang murah dan alami.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari, Sabtu (03/03/2018), bersama anggota kelompok tani Subur-2 PPL dan Babinsa melaksanakan penanaman refugia di pematang sawah kelompok tani subur-2 .

Miftahul Ulum, Ketua Kelompok Tani Subur-2 saat diwawancara disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan bahwa selama ini hal-hal yang kurang dimengerti oleh petani, dengan adanya pendampingan intensif oleh Babinsa dan PPL ini diberikan penyuluhan termasuk dijelaskan manfaat tanaman refugia ini sebagai bagian dari ikhtiar kita para petani agar tanaman padi selamat dari serangan hama wereng.

Danramil 0824/22 Balung Kapten Inf Rochmanu saat dikonfirmasi pun membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut bahkan seluruh Babinsa sudah kita instruksikan untuk lebih intensif turun kesawah, karena tanaman padi saat ini memasuki puncak pertumbuhannya menjelang musim panen bulan Maret 2018.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh jajarannya dengan lebih mengintensifkan pendampingan pertanian oleh Babinsa, karena saat ini diwilayah Jember bagian selatan yang merupakan lumbung padi yang diandalkan oleh produksi pertanian Kabupaten Jember sudah memasuki puncak pertumbuhan. Sehingga perkembangan tanaman padi tersebut harus selalu dimonitor, kalau terjadi serangan hama atau hal yang menjadi kendala lainnya dapat segera diantisipasi dengan cepat dan tepat bersama pemangku urusan pertanian lainnya, sehingga produksi pertanian tetap terjaga dengan baik bahkan kalau bisa ditingkatkan. (sis24)

Comments

comments