Antanan Khasiatnya Menyembuhkan Berbagai Penyakit

oleh -
Antanan Khasiatnya Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Antanan Khasiatnya Menyembuhkan Berbagai Penyakit. Banyak sekali tanaman yang sejak lama sudah menjadi penawar segala macam penyakit. Bahkan tanaman liarpun ada yang berkhasiat untuk obat. Hanya saja masih ada yang belum mengetahui manfaat dari tanaman yang kadang tumbuh di lingkungan kita. Seperti tanaman antanan atau yang sering disebut dengan pegagan. Antanan dengan nama ilmiah Centella asiatica ini sebenarnya berasal dari daerah asia tropik dan tersebar di Asia Tenggara.

Tanaman ini merupakan tanaman liar yang banyak ditemukan di sekitar perkebunan, ladang, pematang sawah hingga di tepi jalan. Sejak zaman duhulu tanaman antanan ini sudah dimanfaatkan untuk pengobatan. Dan antanan juga kata dia, bisa untuk pengobatan penyakit kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah.B. Karena zaman kian modern, banyak yang menganggap pegagan ini hanyalah tanaman liar yang tidak ada manfaatnya.

Antanan Khasiatnya Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Padaha tanaman liar ini memiliki kandungan seperti asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmicacid, brahminoside, madasiatic, acid, meso – inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesiun, kalsium dan besi. Kandungan tersebut bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing, penurunan panas, menghentikan pendarahan, meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Hingga dapat menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan.

Manfaat lain yang terdapat pada antanan adalah meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises, meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh, serta menurunkan gejala stres dan depresi. Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman antanan ini bisa dengan cara minuman air rebus antanan, minimal dua 3 gelas sehari. Jika diminum secara berlebihan dapat me nyebabkan mual, muntah dan kantuk yang berlebihan.

Salah seorang Paraji (Dukun beranak) yang diwawancarai Sorot Investigasi Indonesia Ma Ipit(56 th) penduku Rincang, Desa Cigagade, Kecamatan BL. Limbangan Kabupaten Garut – Jawa Barat mengatakan, tanaman antanan luar biasa khasiatnya, bisa mengobati beberapa penyakit. ” Tanaman antanan bisa pakai obat penyakit kulit, gangguan saraf dan peredaran darah,” kata Ma Ipit di kediamannya, Sabtu (4/2). Menurut dia, antanan juga bisa pakai obat asam urat. (Baden Abdurachman)

Comments

comments