Ansor Jaga Masjid, Rawat Keindahan Dan Jaga Kerukunan

oleh

Semarang, [ Sorot Indonesia ] – Masjid sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, keberadaannya semestinya mencerminkan ketaan warga kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta jagat raya. Menurut Ketua PAC GP Ansor Gunungpati, memperhatikan masjid tidak hanya tugas takmir saja, namun seluruh warga dan jamaah dalam memperbaiki fasilitas dan meramaikan dengan berbagai kegiatan keagamaan, merawat keindahan masjid dan menjaga kerukunan merupakan cerminan bangsa yang beragama. Hal tersebut menjadi landasan bagi PAC GP Ansor Gunungpati Semarang pada hari, Minggu (29/04/2018), mengadakan kerja bakti renovasi masjid.

PAC Ansor Gunungpati saat bergotong royong merenovasi Masjid Nurul Huda Dusun Bantar Dowo Kelurahan Sekaran Gunungpati, Kota Semarang.

“Bukan hanya digunakan kegiatan pengajian rutinan, rapat, dan sebagainya,” kata Djatmiko di sela kegiatannya merenovasi Masjid Nurul Huda Dusun Bantar Dowo Kelurahan Sekaran Gunungpati, Kota Semarang, “Meski hanya sebatas renovasi ringan, kami pikir perlu juga kader Ansor memperhatikan segi fisik Masjid,” tegasnya, “ini merupakan bagian dari memakmurkan masjid,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan perbaikan masjid yang bertepatan dengan menjelang bulan Ramadhan ini merupakan momen yang tepat. Di samping dari segi penggunaan juga dari segi cuaca. Sebab, dengan minimnya curah hujan akan memaksimalkan hasil pengecatan dan perbaikan tembok yang mulai melapuk dan rontok.

“Masjid lebih indah dan masyarakatnya juga rukun” ucapnya, “kerukunan warga ini merupakan penunjang keberhasilan semua. Baik masjid maupun PAC Ansor dalam berkegiatan,” lanjutnya. Ia menerangkan bahwa untuk saat ini Masjid Nurul Huda sebagai masjid yang pertama dibantu dari 3 masjid yang menjadi tarjet perbaikan. Disebutkan, 2 masjid selanjutnya ada di Desa Pongangan, dan Desa Plalangan. Dikatakan lagi, berbagai kegiatan Ansor di Masjid merupakan bagian dari programnya dalam menjaga dari para radikalis yang kerap kali memanfaatkan masjid yang kurang terawat, “kegiatan ini juga merupakan bentuk dari menjaga dan merawat NKRI,” tegasnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh Ansor disambut baik oleh warga Bantar Dowo, melalui Chaerudin Ketua Takmir Masjid yang turut serta dalam kerjabakti. Ia menyambut positif para pemuda NU dalam memperhatikan tempat ibadah umat Islam. Menurutnya, dengan adanya perbaikan tersebut bisa memberikan semangat dan kenyamanan tersendiri bagi warga dusun Bantar Dowo. Ia berharap agar Ansor lebih bisa berperan aktif dalam memperhatikan masjid yang ada di sekitarnya.

Sementara, Ketua Panitia Harlah GP Ansor Gunungpati, M Dimyati, berharap kegiatan tersebut bisa berlanjut. Dikatakan, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Harlah Ansor, perbaikan masjid juga perlu dijadikan agenda yang berkelanjutan dengan even yang berbeda, namun pada esensinya sama, yakni menjaga masjid dari mereka yang menyebarkan paham radikal dan membahayakan NKRI. (sorotindonesia.com/arh/ancyb)

PAC Ansor Gunungpati didalam kebersamaan bergotong royong merenovasi Masjid Nurul Huda Dusun Bantar Dowo Kelurahan Sekaran Gunungpati, Kota Semarang.
PAC Ansor Gunungpati didalam suasana kebersamaan bergotong royong merenovasi Masjid Nurul Huda Dusun Bantar Dowo Kelurahan Sekaran Gunungpati, Kota Semarang, Minggu (29/4/2018).

Comments

comments