3 Faktor Ini Jadikan Malang Sebagai Lahan Potensial Investasi Properti

oleh -
3 Faktor Ini Jadikan Malang Sebagai Lahan Potensial Investasi Properti

MALANG,- Dalam beberapa tahun terakhir, Kota Malang menjadi sorotan di mata masyarakat Indonesia dikarenakan pengembangan di semua sektor yang menyentuh kehidupan masyarakat.

Dari berbagai macam sektor, properti menjadi salah satu sektor yang terpengaruh dan berkembang secara masif di kota berjuluk kota Apel ini. Perkembangan yang masif membuat masyarakat mulai melihat Malang sebagai lahan potensial untuk berinvestasi properti.

Jika ditelusuri, sekiranya ada 3 faktor yang membuat potensi investasi properti di kota ini menjadi sorotan oleh para investor sektor yang menguntungkan tersebut. Mulai dari perkembangan kota yang lebih modern, pengaruh destinasi pariwisata, hingga kemajuan dari sektor pendidikan disana.

Perkembangan Kota yang Lebih Modern

Dalam lima tahun terakhir, Kota Malang bermanuver ke arah yang lebih modern dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan dari sejumlah pembangunan infrastruktur seperti Jalan  hingga rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Ekslusif (KEK) Singosari.

Alasan perkembangan kota yang menjadi modern tersebut diketahui mengundang beragam masyarakat di Jawa Timur untuk menjajal peruntungannya di Kota Apel tersebut. Mobilisasi masyarakat ke kota ini tentu mengakibatkan permintaan properti yang meningkat.

Permintaan properti yang meningkat tersebut membuat developer-developer hunian melihat Malang sebagai lahan potensial untuk mengembangkan produk-produk rumah dijual di Malang milik mereka. Tidak heran sektor properti rumah dijual di Malang sangat berkembang pasca perkembangan kota. Saat ini saja, beberapa developer rumah dijual di Malang berkelas nasional seperti Ciputra Group telah menghadirkan proyek-proyek hunian baik di perkotaan maupun di wilayah urban.

Destinasi Pariwisata Populer

Sejak dahulu, Kota Malang memang menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jawa Timur, khususnya dari sektor wisata alamnya. Kontur wilayahnya yang berada di dataran tinggi memang memainkan peran yang penting dalam membuat popularitas tersebut. Nama-nama objek wisata alam yang sangat terkenal dan dekat dengan kota Malang seperti Gunung Bromo, perkebunan teh agro wonosari lawang, hingga wisata perkebunan apel di Batu masih menjadi primadona hingga saat ini.

Seiring pengembangan kota yang bermanuver ke arah yang lebih modern dalam beberapa tahun terakhir, label Malang yang diketahui populer destinasi wisata alam terbaik di bagian timur pulau Jawa meningkat kelasnya sebagai destinasi wisata yang lengkap. Berbagai macam destinasi wisata baru pun hadir dan mengoptimalkan sektor pariwisata di kota Apel tersebut.

Mulai dari wahana rekreasi keluarga seperti Museum Angkut, Jatim Park, Batu Night Spectacular, tempat perbelanjaan di Mall X-Tension (MX), Transmart MX hingga pusat kuliner yang terletak di pusat kuliner Merjosari atau pusat kuliner Sriwijaya.

Paket pariwisata lengkap yang dihadirkan oleh Malang secara tidak langsung juga menyentuh investasi potensial dalam sektor-sektor properti. Sewa hunian untuk tujuan akomodasi dan ruko untuk bisnis masyarakat lokal adalah dua sektor yang paling potensial. Jika Anda ingin berinvestasi dalam dua sektor tersebut, Anda dapat memulainya dengan mencari rumah dijual di Malang ataupun ruko-ruko di dekat destinasi wisata yang ditawarkan.

Poros Baru Pendidikan Tinggi di Jawa Timur

Tidak hanya dari perkembangan kota dan destinasi pariwisata populer, Malang juga unggul dalam hal penyediaan fasilitas pendidikan tinggi yang maju. Jika dahulu hanya Surabaya yang menjadi satu-satunya poros pendidikan tinggi di Jawa Timur, di zaman sekarang beragam fasilitas pendidikan tinggi di Malang muncul sebagai poros baru.

Dari beberapa fasilitas perguruan tinggi yang ada, ada dua nama Universitas yang kini sangat populer di kalangan pelajar di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Brawijaya. Para pelajar yang mengenyam pendidikan di sana tidak hanya hadir dari wilayah sekitar saja. Beberapa dari mereka pun datang dari Jawa Timur hingga wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Kedatangan pelajar perantau ini secara langsung menyinggung kebutuhan tempat tinggal mereka yang mana merupakan lahan potensial bagi Anda untuk berinvestasi properti di sana, khususnya dalam sektor sewa hunian.(*)

Comments

comments