Pekan Pancasila, Kodim 0618/BS Gelar Outbond dan Latihan PBB di SMK Merdeka

BANDUNG, Kodim 0618/BS Kota Bandung melaksanakan Pekan Pancasila yang bertemakan “Aku Indonesia, Aku Pancasila” di SMK Merdeka Jl. Pahlawan No. 54 Kota Bandung, Rabu (7/6).

Plh Pasiter Kodim 0618/ BS Mayor Inf Usep yang mewakili Dandim 0618/BS Kolonel Inf Sugiyono pada saat membuka kegiatan di SMK Merdeka yang berlokasi di Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler tersebut menyampaikan, ” Tujuan diadakannya kegiatan ini dikarenakan keadaan saat ini yang kurang perhatian dalam memelihara rasa kepedulian terhadap kehidupan bersama, terutama rasa cinta kepada negara dan Pancasila, maka di perlukan upaya sungguh-sungguh dalam gerakan ini untuk memperkokoh wawasan kebangsaan dan cinta Pancasila serta memperdalam pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila, ” terang Mayor Inf Usep.

Berbagai kemasan materi diberikan dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap Pancasila ini, diantaranya : Pemberian materi tentang Pancasila dan kebhinekaan yang disampaikan oleh Wadanramil 1802/ Cibeunying Kapten Inf Tabroni, materi baris berbaris ( PBB ) yang dipimpin oleh Kaur Komsos Sterdim 0618/ BS Kapten Kav Abdul Gofur dan kegiatan Outbond yang dipimpin oleh Danramil 1814/ Bandung Kidul Kapten Inf Suratno dengan materi Water estafet, permadani terbang, tongkat estafet, bul dozer, bola tali dan holahop.

Baca:   Kodim 0618/BS Peringati Isra Mi'raj 1438 H

Tujuan dari materi PBB dan Outbond yakni untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, memupuk kebersamaan sebagaimana yang tertuang dalam butiran Pancasila.

Ratusan siswa begitu antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan, mereka mengikuti kegiatan dengan fun meskipun sebagaian besar sedang melaksanakan ibadah puasa.

Diakhir kegiatan, Kepala Sekolah SMK Merdeka Drs. Agus Rusdiana, M.Si., menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kodim 0618/BS atas diadakannya kegiatan ini disekolahnya.

Pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila harus terus diberikan khususnya kepada generasi muda yang merupakan penerus bangsa.

Kegiatan pekan Pancasila oleh Kodim 0618/ BS dilaksanakan oleh tiap-tiap Koramil dengan sasaran SMA/SMK di wilayah Kota Bandung. ( St/Gun )

Comments

comments