Dandim 0824: Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H

Ramadhan

Jember. Suka cita menyambut datangnya bulan Ramadhan 1438 H bagi masyarakat Kabupaten Jember dan yang memeluk Agama Islam memang sangat dominan beberapa hari ini, terutama di masjid, mushola yang hampir setiap 100 meter terdapat di Kabupaten Jember.

Pasar-pasar tradisional, swalayan, mall-mall pun ikut kebanjiran pengunjung yang berbelanja untuk persiapan puasa Ramadhan maupun Idul Fitri, peningkatan rutinitas masyarakat tersebut memang berbeda dari biasanya.

Menyikapi perkembangan wilayah tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Ridianto yang baru beberapa bulan mengenal kehidupan masyarakat Jember  sejak menjabat sebagai Dandim 0824, mengaku sangat senang berada dilingkungan masyarakat seperti ini, walaupun hal tersebut tentunya sama dengan daerah lain yang pendudiknya mayoritas Islam, namun di Kabupaten Jember ini dirinya merasakan suasana lain dan sangat nyaman.

Pada kesempatan tersebut bincang-bincang kami pada jum’at  26/05/2017 memang berharap ada pesan dan kesan beliau khususnya bagi jajarannya dan masyarakat Jember menjelang Ramadhan 1438 H, Kepada jajarannya Letkol Inf Rudianto telah menginstruksikan benerapa hal yang intinya agar jajarannya meningkatkan kewaspadaannya, pantau stabilitas harga sembako, pantau gudang-gudang jangan sampai dijadikan tempat penimbunan sembako untuk mencari keuntungan sepihak, koordinasikan dengan aparat terkait apabila ada hal-hal yang berpotensi mengganggu maayarakat yang beribadah puasa, kawal ibadah puasa masyarakat agar mereka dapat menjalankannya dengan khidmat dan tumakninah.

Baca:   Ngabuburit Di Mutiara Gading Timur Bekasi

Instruksi tersebut tentunya harus dilakukan bersama-sama dengan aparat terkait, bahkan kita dalam penganan wilayah menghadapi kegiatan-kegiatan massal seperti itu TNI sesuai ketentuannya membantu unsur Kepolisian, namun terkait situasi wilayah jajaran diwajibkan temu cepat dan lapor cepat bahkan melakukan upaya cegah dini apabila ada permasalahan dimasyarakat, demikian halnya program kegiatan lainnya yang sudah ditentukan juga harus tetap jalan. Kata Letkol Inf Rudianto.

Namun demikian kembali Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa keamanan, ketertiban tersebut bukan hanya tanggung jawab TNI sama Polri saja tetapi perlu peran serta semua pihak yang terkait termasuk masyarakatnya, sehingga terwujud keamanan dan kondusifitas yang benar-benar dapat dirasakan bersama.

Mengakhiri bincang-bincangnya Letkol Inf Rudianto berpesan agar masyarakat juga meningkatkan kewaspadaannya apalagi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri ini biasanya ada peningkatan gangguan keamanan khususnya pencurian dan sejenisnya, untuk itu dirinya berpesan agar masyarakat mengamankan harta bendanya dengan baik, tingkatkan aktifitas siskamling, kunci rumah apabila mau Shalat Tarawih di Masjid sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama tersebut serta laporkan kepada ketua RT dan RW atau aparat terkait termasuk Babinsa apabila ada hal-hal yang mencurigakan disekitarnya terutama yang berpotensi dan berdampak pada keamanan wilayah.

Baca:   Dandim 0824 Lepas Bendera Start Fun Bike Jalur Lintas Selatan

Demikian kiranya melalui keaempatan ini saya Letkol Inf Rudianto selaku Komandan Kodim 0824 Jember menyampaikan Marhaban Ya Ramadhan, selamat menyambut bulan yang penuh berkah yaitu Bulan Suci Ramadhan, mari kita tingkatkan amal ibadah kita, Semoga kita semua selalu diberikan limpahan rahmat dan hidayah dari Allah SWT… Amin. (Sis24)

Comments

comments