Yayasan Kusuma Bangsa Resmikan Rumah Sehat

Yayasan Kusuma Bangsa

Bekasi, Teras Aksara dan Yayasan Kusuma Bangsa meresmikan Rumah Sehat yang beralamat di Ciketing, Rawamulya, Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat (21/5/2017).

Yayasan Kusuma Bangsa ini bergerak dalam bidang sosial dan edukasi khususnya kesehatan. Tugas Kusuma Bangsa adalah mendampingi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan baik dari rumah sakit swasta maupun pemerintah, terutama untuk masyarakat yang kurang mampu.

Pada sambutannya, Nanang Wahyudin sebagai pendiri sekaligus pimpinan Kusuma Bangsa, menceritakan bahwa Kusuma Bangsa sudah berkiprah sejak tahun 2002, selanjutnya secara resmi memiliki badan hukum pada tahun 2012 dari Kemenkumham.

Nanang kala itu merasa prihatin karena program-program kesehatan Kota Bekasi dirasa tidak tersosialisasi sebagaimana mestinya, “Ketika bicara rumah sakit, masyarakat selalu berfikir uang,” ujarnya.

Dilanjutkan oleh Nanang, “Sebenarnya Pemerintah Kota Bekasi sudah menganggarkan untuk pelayanan kesehatan bagi yang berhak menerimanya, seperti program SKTM dan Jamkesda, anggarannya jelas kok,” tegasnya.

Nanang menambahkan, “Banyak masyarakat belum mengetahui hak dan kewajibannya untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara gratis, terutama untuk masyarakat tidak mampu, disinilah Kusuma Bangsa hadir mendampingi masyarakat untuk mendapatkan haknya, dan untuk memastikan mendapatkan layanan yang baik,” jelasnya.

Menurut Nanang, ada masyarakat yang antipati dengan program pelayanan kesehatan SKTM dan Jamkesda, karena berpikir tidak akan mendapatkan pelayanan yang baik di rumah sakit, “Jikapun ada rumah sakit yang mmberikan pelayanan yang kurang baik, itu mungkin perbuatan oknum-oknum yang ada di rumah sakit,” terangnya.

Nanang menekankan, yang penting itu masyarakat Bekasi mempunyai KTP dan Kartu Keluarga Bekasi, “Kita warga Bekasi harus memiliki KTP dan KK, karena disitu Pemkot Bekasi sudah menganggarkan Kartu Sehat berbasis NIK,” ungkapnya.

Oleh karena itu Yayasan Kusuma Bangsa hadir untuk memberikan pendampingan pada masyarakat. Yang tidak tau menjadi tau dan yang tidak mengerti menjadi mengerti.

“Masyarakat yang belum tau dipersilahkan untuk bertanya ke sekertariat kami,” pungkasnya.

Hadir pada acara itu Walikota Bekasi Rahmat Effendi dan para tamu undangan, serta warga sekitar yang mengikuti sosialisasi kesehatan dari Kusuma Bangsa. (wly/pr)

Nomor layanan Kusuma Bangsa : 0815 1910 8221

Comments

comments