Babinsa Ramil 0824/08 Mayang Melaksanakan PSN Dampingi Kader Posyandu

Kader Posyandu

Jember. Upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan tindakan antisipasi terhadap serangan nyamuk demam berdarah sehingga dilakukan tindakan pembasmian sarang nyamuk (PSN) secara massal yang dilakukan setiap hari Jum’at.

Seperti yang dilakukan oleh Anggota Ramil 0824/08 Mayang bersama kader posyandu Dsn Kebun Gunung Rt. 01/05 Ds. Tegalrejo Kec Mayang Kab. Jember, yang melaksanakan PSN pada Jum’at 20/05/2017 Pukul 07.00 Wib dengan sasaran memeriksa bak mandi, tempat air dan tempat-tempat disekitar rumah yang memungkinkan dijadikan tempat bersarang dan berkembang biaknya nyamuk aides aygipty.

Hadir dan turut melaksanakan PSN Petugas Puskesmas Mayang Sunarto dan Bidan Marsini serta 5 orang kader Posyandu dari lingkungan setempat, anggota Koramil 0824/08 Mayang 4 orang, pada kesempatan  disamping mengecek jentik-jentik juga memberikan sosialisasi 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur) tempat-tempat air atau bak mandi dan lain-lain yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aides aygipty yang mengakibatkan demam berdarah.

Danramil 0824/08 Mayang Kapten Arm Seniman membenarkan adanya kegiatan tersebut, dan hal tersebut berdasarkan pengajuan tenaga pendamping oleh Puskesmas Mayang terkait kegiatan PSN tersebut, sesuai laporan dari Babinsa hasil PSN hari ini terdeteksi 169 rumah negatif dan 41 rumah warga yang positif dan telah diberikan arahan oleh petugas  Posyandu.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa kegiatan setiap hari Jumat tersebut memang telah dilakukan oleh semua jajarannya, saya sangat mendukung sekali sehingga masyarakat terbiasa memiliki kebiasaan positif tersebut dalam mengantisipasi mewabahnya demam berdarah.

Dengan demikian akan memantapkan taraf kesehatan masyarakat yang bermuara pada lancarnya aktifitas kerja masyarakat, dengan demikian tentunya memantapkan pertahanan wilayah dalam menunjang pertahanan nasional. (sis24)

Comments

comments