Keong Mas Sawah Selain Bisa Dikonsumsi Bermanfaat Juga Meniingkatkan Stamina

keong mas

Mungkin sebagian orang merasa takutatau jijik untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini, akan tetapi Keong mas sawah selain bisa dikonsumsi bermanfaat juga untuk meningkatkan stamina.

Disamping itu juga untuk mendapatkan keong ini tidak lah sulit, jenis hewan ini banyak di temukan dan umumnya berada di area persawahan, selain menjadi musuh untuk para petani keong ini pun selalu di musnahkan sebelum menanam padi.

Keong mas memiliki rasa gurih dan bertekstur kenyal. Kandungan proteinnya cukup tinggi, sehingga layak menjadi sumber protein alternatif. Selain itu, hewan ini juga mengandung kalsium, karbohidrat dan vitamin. Beberapa zat yang termasuk anti gizi juga berada dalam keong mas. Zat-zat tersebut adalah asam oksalat, asam hidrosianin dan asam tanin. Zat-zat ini harus dihilangkan dengan cara membersihkan keong mas dengan benar sebelum proses memasak dilakukan.

 lendir dan racun dalam keong mas dapat dihilangkan, maka harus dilakukan langkah-langkah membersihkan yang benar. Langkah yang pertama adalah dengan memasukkan keong mas ke dalam ember, kemudian mencucinya hingga semua lumpur ataupun pasir dapat terlepas. Selanjutnya siram keong dengan air panas, hingga semuanya terendam, atau dengan cara lain di rebus selama kurang lebih 15 menit bersamaan dengan cangkang keong tersebut.

Setelah direndam/direbus dalam air panas tersebut, kita bisa mulai melepaskan daging keong dari cangkangnya. Gunakan garpu atau alay lain untuk mencongkelnya. Kemudian bersihkan daging keong dengan membuang semua kotorannya.

Banyak cara untuk memasak keong tersebut diantaranya dengan cara di sate, rica-rica dan masih banyak cara penyajian untuk memasaknya.

Berikut ini sya Sedikit berbagi resep tentang makanan yang berbahan dasar hewani (keong mas) dengan bumbu saos tiram:

  • Bumbu yang harus di persiapkan : 
    6 bh Bawang merah 
    3 bh Bawang putih 
    Cabai merah besar sesuai selera
    Cabai rawit sesuai selera
    Ā½sendok teh merica bubuk 
    Garam secukupnya 
    Gula pasir secukupnya
  • Daun sereh,daun salam dan jeruk secukupnya
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas kunyit
  • Saos tiram

Cara Memasak Keong Sawah : 

Cuci bersih keong sawah, potong-potong jika ada yang besarnya tidak rata 
Campurkan keong sawah dengan daun jeruk dan daun salam, rebus dalam panci presto selama 15 menit (agar cepat empuk dan tidak keras/alot), tiriskan 
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, tambahkan cabai hijau. Aduk-aduk hingga harum 
Masukkan keong sawah, aduk-aduk hingga merata,tambahkan sedikit air agar bumbu menyerap, 
Tambahkan merica bubuk, garam dan gula pasir 
Tuangkan saos tiram dan aduk-aduk hingga matang. Taburkan daun bawang. 
Setelah empuk dan rasanya pas, Anda bisa mengangkat dari kompor.dan siap untuk dihidangkan.

selain protein tinggi dalam daging keong mas tersebut sangat mendukung pembentukan hormon sexual pada manusia, dimana hormon inilah yang berperan dalam membangun stamina dan gairah sexual. Sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Sumitro dalam harian Sinar Tani, daging keong mas mampu meningkatkan libido atau gairah sexual yang tinggi bagi manusia. Sumber lain menjelaskan bahwa daging keong emas bisa meningkatkan libido dan untuk sari rapet.

dalam setiap 100 gram daging keong mas mengandung energi makanan 83 kalori, protein 12,2 gram, lemak 0,4 gram, karbohidrat 6,6 gram, abu 3,2 gram, fosfor 61 mg, natrium 40 mg, kalium 17 mg, riboflavin 12 mg, niacin 1,8 mg serta kandungan nutrisi makanan yang lain seperti Vitamin C, Zn, Cu, Mn dan Iodium. Selain banyak mengandung banyak gizi di atas, hewan dari keluarga moluska ini juga kaya akan kalsium.

Comments

comments