Obyek Wisata Laut Kidul Karang Paranje Indah

Karang Paranje Indah
Pantai Karang Paranje Indah

Garut, sorotindonesia.com – Obyek Wisata Laut Kidul Karang Paranje Indah terletak di Desa Karya Sari Kecamatan Balong, Garut Jawa Barat. Laut Kidul Karang Paranje Indah memiliki daya tarik laut dan pantainya yang sangat indah.

Selain sebagai tempat wisata Karang Paranje Indah juga digunakan sebagai tempat untuk memancing. Banyak para pengunjung baik dari lokal maupun luar daerah yang datang hanya untuk memancing di laut Kidul ini.

Karang Panje dalam bahasa Sunda berarti kandang ayam. Konon pada jaman Prabu Siliwangi memiliki 5 punggawa yang dijuluki embah hitam. Suatu ketika sang Prabu mengutus kelima punggawanya untuk memindahkan kandang ayam dari Desa Sancang ke suatu tempat.

Para pungguwapun segera memindahkan kandang ayam tersebut yang berisi 5 ekor ayam. Namun sayang kelima punggawa yang dijuluki embah hitam tidak sanggup lagi memabawa kandang karena beban yang berat dan kehabisan tenaga, rupanya sang Prabu murka dan mengutuk kandang ayam bersama 5 punggawanya menjadi karang. akhirnya karang tersebut sampai saat ini diberi nama Pantai Karang Paranje Indah.

Menurut masyarakat dan sesepuh Pasir Sari desa Karya Sari, Kec Cibalong, sering muncul penampakan berupa lima babi hitam di sekitar pantai Karang Paranje, dipercayai kelima babi hitam itu jelmaan dari kelima embah hitam atau punggawa sang Prabu Siliwangi

Terlepas dari mitos tersebut Pantai Karang Paranje Indah memang memiliki keunikan dan keindahan pantai, terbukti banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat ini baik wisatawan dari berbagai daerah Indonesia maupun manca negara.

Baca:   Penggiat Wisata Ajukan Bantuan Hibah Homestay

Comments

comments