2 Prajurit Penerjun Payung Tewas Saat Gladi Resik HUT TNI AU

2 Prajurit Penerjun Payung Tewas Saat Gladi Resik HUT TNI AU

Musibah terjadi saat gladi bersih perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI Angkatan Udara. Dua prajurit TNI AU yang sedang terjun payung di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jakarta Timur tidak mendarat sempurna.

Akibatnya, keduanya yaitu Kopral Dua (Kopda) Beni dan Prajurit Satu (Pratu) Supranoto meninggal dunia. Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Dwi Badarmanto membenarkan insiden tersebut. “Iya betul ada insiden. Kita merayakan Ulang Tahun TNI AU yang ke-70, ini gladi resiknya tadi ada ratusan penerjun payung. Di antaranya ada 2 yang tidak sempurna saat terjun,” kata Dwi. (Penau)

JAT dan Formasi 70 Tim Grob  Meriahkan HUT TNI AU 2016

The Jupiters Aerobatic Team (JAT) dan Tim Grob yang merupakan team Aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara, Rabu (30/3) melaksanakan Latihan untuk unjuk kebolehan dalam rangka memperingati HUT TNI AU ke 70 yang akan di pusatkan di Halim Perdana Kusuma, Jakarta 9 April 2016 mendatang.

Tim ini direncanakan akan bertolak meninggalkan Base campnya besok Senin 4 April menuju Jakarta yang akan menghibur masyarakat dan mewarnai langit Jakarta.   Bersama sama dengan demonstrasi alutsista satuan TNI AU lainnya,  pesawat Latih yang biasa digunakan  untuk operasi pendidikan sekbang di Lanud Adisutjipto yaitu 6 pesawat KT-1B Woong Be dan 15 pesawat Grob direncanakan akan tampil memukau di depan ribuan pengunjung.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE, menyampaikan bahwa keberhasilan dan kesuksesan Jupiter Aerobatik Team tidak hanya merupakan hasil kerja keras dan profesionalisme dari para Instruktur Penerbang TNI AU saja, akan tetapi juga karena kesempatan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Udara. Untuk aerobatik JAT  formasi tidak ada perubahan, sesuai yang lalu, namun ada tambahan untuk pesawat Grob akan menampilkan Formasi angka 70.

Sementara itu Komandan Skadik 102, Letkol  Pnb Sri Raharjo, dalam wawancaranya menyampaikan bahwa, “JAT telah melaksanakan latihan rutin untuk mempersiapkan diri dalam memeriahkan `event` hari jadi ke 70 TNI AU di Jakarta. Kami berharap semuanya berjalan aman dan lancar,”

Lebih lanjut Letkol Pnb Sri Raharjo menambahkan, bahwa dalam event tersebut JAT akan menampilkan 6 pesawat KT1 Woong Be dengan Leader Flight  Letkol Pnb Sri Martin Raharjo, dengan members: Kapten Pnb Idam Godam Satria, Kapten Pnb Dhika Kingkong Mahendra, Mayor Pnb Humaidi Syarif Condor Romas, Mayor Pnb HM isha Razor dan Mayor Frando Feennec Marpaung.

Untuk  mengawal JAT,  Team Grob akan menampilkan 15 pesawat Grob, dengan leader Letkol Pnb Sukarno yang akan diikuti oleh member diantaranya Letkol Pnb Safeano Cahyo, Mayor Pnb Didik Setiya Nugroho, Mayor Pnb M Pandu, Mayor Pnb Yulianto, Mayor Pnb Surono, Mayor Pnb Daryanto, Mayor Pnb Fahrur Rozy, Mayor Pnb Sony Aji Pramono dan penerbang lainnya.

Komandan Skadik 101 Letkol Pnb Sukarno, diakhir latihan menyampaikan bahwa 15 Pesawat grob akan tampil dalam show tahunan ini. Team Grob akan membentuk formasi angka 70, ini mengandung makna HUT TNI AU yang ke-70. Demikian juga disampaikan oleh Komandan Skadik 104 Letkol Pnb Safeanono Cahyo.

Dalam Latihan persiapannya menuju  Jakarta, Penampilan JAT dan Tim Grob juga diliput banyak wartawan dari media cetak dan media elektronik. Tim JAT dan Tim Grob, selain mengelar Jumpa pers dengan Komandan Lanud juga para Leader Flight, serta foto  bersama.  Semua wartawan juga  diberikan kesempatan untuk melihat dari dekat profil KT-1-Be Woong Bee dan pesawat Grob (Penau)

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.