Penuhi Rekrutmen Bina Desa, 15 Operator ADT Khusus Perempuan Dari 12 Desa Siap Kerja Di Indo Muro Kencana

oleh -

PURUK CAHU – Sebanyak 15 orang operator Articulated Dump Truck (ADT) atau sering dikenal Patah Pinggang khusus perempuan dari 12 desa di Ring 1 resmi diterima dan bekerja di PT Indo Muro Kencana (Gajah Tunggal) setelah mengikuti kegiatan training yang cukup panjang beberapa bulan yang lalu.

Penutupan kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan di Camp IMK ini dihadiri oleh beberapa staf manajemen PT IMK serta beberapa kepala desa dan undangan dari pihak Disnakertrans Kabupaten Murung Raya (Mura), belum lama ini.

Penuhi Rekrutmen Bina Desa, 15 Operator ADT Khusus Perempuan Dari 12 Desa Siap Kerja Di Indo Muro Kencana

Manager Administrasi PT Indo Muro Kencana, H Totok Sugiyarto, memperhatikan Peraturan Daerah (Perda) tentang tenaga kerja yang mengharuskan 70 persen dari karyawan yang berasal dari warga lokal, berdasarkan fakta lapangan masih belum bisa laksanakan.

“Sumber daya manusia yang ada di daerah ini belum memadai, saat kita memerlukan tenaga kerja yang memiliki skill khusus,” kata H Totok kepada awak media.

Sehingga tahun 2019 ini, program yang telah kita laksanakan pertama kalinya khusus training operator ADT khusus perempuan dilaksanakan oleh pihak IMK, dengan jumlah peserta 24 orang perempuan dari 12 desa binaan ring 1 dari pihak IMK.

“Program ini kita buat untuk membantu pemerintah daerah juga membantu 12 desa binaan kita memaksimalkan potensi warga masyarakatnya. Memang seleksi tetap kita laksanakan karena dalam training ini juga memiliki persyaratan khusus yang harus dimiliki oleh pesertanya. Sehingga 24 orang peserta perempuan kemarin diseleksi menjadi hanya 15 orang tersisa,”ungkapnya lagi.

Tahun ini pihak IMK telah melaksanakan 2 kali training khusus operator ADT khusus perempuan, dan direncanakan usai hari raya Idul Fitri 1440 H tahun ini akan kita lanjutkan untuk training ADT khusus untuk laki-laki dan tetap memprioritaskan yang dari 12 desa ring 1 dari PT IMK.

“Secepatnya akan kita laksanakan usai hari besar Idul Fitri 1440 H nanti, khusus untuk yang laki laki. Kami berharap upaya kami dalam melakukan rekrutment tenaga kerja lokal ini mendapat dukungan penuh masyarakat, sehingga dapat menjadi salah satu solusi mengurangi penggguran di desa, serta meningkatkan SDM warga desa guna siap kerja di kabupaten yang berlimpah sumberdaya alam tambangnya ini,” pungkasnya. (ian)

Comments

comments