15 Lomba 17 Agustus Paling Unik Dan Lucu

Lomba 17 Agustus
foto: ilustrasi panjat pinang (id.wikipedia.org)

Bulan Agustus telah tiba, setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia merayakan hari Kemerdekaannya, biasanya ditandai dengan Upacara memperingati hari kemerdekaan dan dimeriahkan dengan berbagai macam lomba 17 Agustus, yang diikuti dari mulai anak-anak, orang dewasa hingga orang tua.

“Agustusan” begitu biasanya masyarakat Indonesia menyebutnya, artinya kegiatan atau acara yang diadakan pada setiap 17 agustus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Perlombaan dan kegiatan yang diadakan tiap-tiap daerah sangat bermacam-macam, misalnya perlombaan olahraga sepakbola, bola voli, lari maraton, catur, dan lain-lain. Ada juga perlombaan musik dan seni, serta berbagai macam hiburan seperti wayang dan pagelaran musik.

Biasanya perlombaan yang sangat diminati oleh masyarakat adalah lomba yang sifatnya hiburan, seperti panjat pinang, makan kerupuk, dan lain-lain, berikut ini 15 Lomba 17 Agustus paling unik dan lucu yang sering dilombakan pada bulan Agustus:

15 Lomba 17 Agustus Paling Unik Dan Lucu

1. Panjat Pinang

Lomba panjat pinang sebagai gambaran perjuangan masyarakat Indonesia pada jaman penjajahan, perjuangan menurunkan bendera penjajah untuk meraih kemerdekaan dengan penuh perjuangan.

Pohon pinang yang telah dilumuri oli agar tidak mudah dipanjat oleh peserta, lomba ini dilakukan secara berergu, dibutuhkan tenaga dan kerjasama untuk dapat mencapai puncak, diujung pinang dipenuhi berbagai macam hadiah serta bendera merah putih, barang-barang yang ada di atas sebagai hadiah bagi peserta yang berhasil mencapai puncak pohon pinang.

Pada saat lomba berlangsung biasanya para peserta panjat pinang akan mengalami kesulitan, karena pohon pinang penuh dengan oli biasanya terjadi kejadian-kejadian lucu yang menjadi kemeriah lomba ini

2. Lomba makan kerupuk

Biasanya Lomba 17 Agustus ini banyak diikuti oleh anak-anak, bagi pemenangnya akan mendapatkan hadiah. Makan kerupuk sering dilombakan oleh panitia lomba agustusan, karena murah namun meriah bagi peserta maupun penonton.
Kerupuk gantung satu persatu menggunakan tali secara sejajar, ketinggian menyesuaian tingga para peserta yang akan mengikuti lomba ini, dengan tangan terikat dibelakang, agar peserta tidak dapat memegang kerupuk tersebut.
Bagi peserta yang paling cepat menghabiskan kerupuk tersebut dinyatakan sebagai pemenangnya, biasanya pemenangnya diambil 3 peserta tercepat sebagai pemenang yang berhak mendapatkan hadiah.

3. Lomba Balap Karung

Lomba ini bisa diikuti oleh peserta dari berbagai umur mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua, namun biasanya dikelompokan berdasarkan umur.

Loba ini dilakukan dengan cara dibuatkan start dan finish yang jaraknya disesuaikan dengan tempat yang ada, setiap peserta berlari atau meloncat menggunakan karung, mulai dari garis start dan berakhir pada garis finish, bagi peserta yang sampai lebih dahulu dinyatakan sebagai pemenang.

4. Tarik Tambang

Tarik tambang adalah lomba adu kekuatan antara dua regu, dengan menggunakan tali 2 regu saling menarik tali hingga menyentuh jarak tertentu regu yang dapat menarik lebih kuat dinyatakan sebagai pemenang, bagi pemenang akan diadu kembali dengan regu yang lain hingga perserta terakhir sebagai pemenang.

5. Lomba Memasak

Lomba memasak ini biasanya hanya diikuti oleh ibu-ibu, lomba diadakan secara beregu misaknya lomba memasak antar RT, masakan akan dinilai dari kerapihan, rasanya, cara penyajian, kemudian hasil dari masakan tersebut dinikmati bersama oleh warga yang menghadiri lomba.

6. Lomba mengambil uang receh

Para peserta mengambil uang receh yang telah ditancapkan pada buah pepacaya, dengan menggunakan mulut dan berebut satu pepaya diikuti oleh 2 atau 3 orang, buah pepaya tersebut dilumuri dengan oli dan digantung menggunakan tali, uang receh yang berhasil diambil oleh peserta menjadi hadiahnya.

7. Memidahkan Kelereng Menggunakan Sendok

Lomba ini dilakukan dengan cara peserta membawa kelereng menggunakan sendok digigit di mulut, bagi yang tercepat mencapai garis finish dinyatakan meneng.

Para peserta akan mengalami kesulitan dalam membawa kelereng, tak jarang kelereng akan terjatuh, dan peserta harus mengulang kembali dari garis finish.

Baca:   Deklarasi Kebangsaan Relawan NKRI

8. Memasukan Belut dalam botol

Memasukan belut ke dalam botol bukan hal yang mudah, karena belum memiliki kulit yang sangat licin untuk dipegang menggunakan tangan.

Bagi peserta yang bisa memasukan belut ke dalam botol dan waktu tercepat itulah pemenangnya. Namun bagi yang sudah terbiasa menangkap belut hal ini akan mudah, karena memiliki cara atau trik dalam menangkap belut.

9. Lomba Memasukkan Paku ke dalam Botol

Selain lomba tadi ada lagi lomba yang merumitkan namanya adalah lomba memasukkan paku ke dalam botol. Jika kalian orang yang belum tahu mungkin yang terbersit dlam fikiran adalah sangat mudah memasukkan paku ke dalam botol. Tetapi lomba ini bukan sembarangan memasukkan paku dengan menggunakan tangan. Paku digantungkan di pinggang kalian dan posisinya ada di belakang, lalu kalian berusaha memasukkan paku tersebut.

10. Futsal Pakai Sarung/ Dress Wanita

Futsal ini dilakukan oleh bapak-bapak atau kaum laki-laki dengan menggunakan sarung atau menggunakan pakaian panjang istrinya (dress). Sehingga futsal ini menjadi susah untuk dimainkan karena bapak-bapak kesulitan untuk menendang bola. Ini bisa menjadi salah satu lomba yang diselenggarakan di tahun ini.

11. Lomba Gapuk Bantal atau Guling

Lomba ini dilakukan di atas air atau danau kecil buatan. Peserta diikuti oleh 2 orang dengan membawa bantal atau guling lalu duduk di atas bambu yang memanjang di atas danau kecil buatan tadi. Mereka berdua harus saling memukul sampai salah satu diantara mereka ada yang jatuh. Dan yang tetap bertahan di atas bambu dialah pemenangnya. Lomba ini dibutuhkan keseimbangan dan kekuatan untuk memenangkannya.

12. Lomba Joget

Baru-baru ini joget dijadan sebagai lomba pada hari kemerdekaan 17 agustus. Semua orang bisa mengikuti lomba ini dengan melakukan joget seheboh mungkin dan disesuaikan dengan lagu yang diberikan oleh panitia. Yang paling heboh dan bagus jogetnya dialah pemenangnya dan ini dinilai oleh juri.

13. Egrang

Lomba ini tidak semua orang bisa melakukannya karena orang yang mengikuti lomba harus melakukan latihan terlebih dahulu. Mereka harus berjalan atau berlari dengan menggunakan bambu. Siapa yang paling cepat dan mencapai garis finish dialah pemenangnya. Lomba ini bisa dilakukan juga untuk bermain bola. Mereka harus menendang bola menggunakan bambu tanpa kaki. Dan saat ini egrang sudah menjadi olahraga tradisioal yang dilombakan di setiap sekolah.

14. Tangkap Ayam atau itik

Di daerah pesawahan dalam merayakan HUT RI ini mereka menyelenggarakan lomba tangap ayam atau itik. Panitia melepaskan ayam atau itik berkeliaran di sawah dan peserta harus berusaha menangkap ayam atau itik tersebut. Yang berhasil menangkapnya dia mendapatkan ayam atau itik tersebut.

15. Lomba Bakiak

Lomba untuk mencapai garis finish satu lagi adalah lomba balap lari dengan menggunakan bakiak. Lomba ini dilakukan oleh beberapa orang setiap regunya. Lomba ini harus memiliki kekompakan ang tinggi supaya bisa berjalan dengan sama. Saat yang di depan melangkah dengan kaki kiri, yang di belakang juga harus dengan kaki kiri. Lomba ini mudah dilakukan tapi perlu kesimbangan, kekompakan, dan kecepatan.

Itulah tadi 15 Lomba 17 Agustus paling unik dan lucu yang sering dilombakan, setiap jenis perlombaan terdapat kesulitan, tantangan dan keunikan masing-masing.

Bagi Panitia lomba dapat memilih jenis-jenis perlombaan di atas untuk memeriahkan hari kemerdekaan, pertimbangan dari segi biasa yang dikeluarkan dan kemeriahan dari lomba itu sendiri. Dan bagi para peserta loba yang ikut berpartisipasi pilihlah lomba berdasarkan minat dan kemampuan untuk menjadi pemenang.

Comments

comments